Rabu 09 Mar 2022 01:40 WIB

PBB: 2 Juta Warga Tinggalkan Ukraina Sejak Perang

Hari ini arus keluar pengungsi dari Ukraina mencapai 2 juta orang, kata Filippo Grandi - Anadolu Agency

Red: Nur Aini
Pejabat tinggi PBB pada Selasa (8/3/2022) mengatakan 2 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak perang dimulai pada 24 Februari.
Pejabat tinggi PBB pada Selasa (8/3/2022) mengatakan 2 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak perang dimulai pada 24 Februari.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pejabat tinggi PBB pada Selasa (8/3/2022) mengatakan 2 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak perang dimulai pada 24 Februari.

“Hari ini arus keluar pengungsi dari Ukraina mencapai dua juta orang,” tulis Filippo Grandi, komisaris tinggi PBB untuk pengungsi di Twitter.

Baca Juga

Jumlahnya terus meningkat, naik dari 1,7 juta pada Senin (7/3/2022). Menurut angka Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), pada 7 Maret setidaknya 406 warga sipil telah tewas dan 801 lainnya terluka di Ukraina sejak Rusia melancarkan perang terhadap tetangganya. Di antara 406 yang tewas, 27 adalah anak-anak, menurut PBB.

Badan internasional itu mengatakan jumlah korban sebenarnya jauh lebih tinggi karena kondisi di lapangan membuat mereka "sulit untuk memverifikasi" jumlah pasti korban sipil.

Gencatan senjata sementara antara pasukan Moskow dan Kyiv diumumkan pada Selasa untuk mengevakuasi warga sipil dari lima kota besar di Ukraina termasuk ibu kota.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pbb-2-juta-warga-tinggalkan-ukraina-sejak-perang/2527587
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement