Rabu 09 Mar 2022 04:40 WIB

6 Pahlawan Nasional dari Muhammadiyah (1), Nomor Satu Kakek Gubernur Jakarta Anies Baswedan

AR Baswedan menjadi salah satu Pahlawan Nasional dari Muhammadiyah.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

AR Baswedan dan Anies Baswedan. AR Baswedan menjadi salah satu Pahlawan Nasional dari Muhammadiyah. Foto: IST.
AR Baswedan dan Anies Baswedan. AR Baswedan menjadi salah satu Pahlawan Nasional dari Muhammadiyah. Foto: IST.

KURUSETRA -- Muhammadiyah lebih tua dari NKRI, sehingga tak heran jika kader-kader Muhammadiyah ikut membantu dalam pergerakan dan perjuangan kemerdekaan. Setidaknya ada enam kader Muhammadiyah yang sudah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Enam Pahlawan Nasional dari Muhammadiyah ini jarang diketahui publik. Sebab, selama ini tokoh Muhammadiyah yang dikenal masyarakat sebagai Pahlawan Nasional adalah KH Ahmad Dahlan, Nyai Siti Walidah, Buya Hamka, Ir. Soekarno, Ki Bagus Hadikusumo, Mr. Kasman Singodimejo, dan Jenderal Sudirman. Berikut daftarnya seperti dinukil dari situs resmi Muhammadiyah:

1. Ar Baswedan

Ar Baswedan atau Abdurrahman Baswedan lahir pada 9 September 1908 di Surabaya. Kakek dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini meninggal dunia pada 16 Maret 1986 di Jakarta.

Ia besar di kota kelahirannya yang pada saat itu menjadi salah satu pusat perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ketokohan Abdurrahman Baswedan mendapat pengakuan dari pemerintah pendudukan Jepang dan pemimpin pergerakan nasional, sehingga dia diangkat menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mewakili golongan Arab.