Rabu 09 Mar 2022 06:44 WIB

Ukraina Menuduh Rusia menembaki Koridor Evakuasi Mariupol

Ukraina menuduh Rusia menembaki koridor kemanusiaan dari kota Mariupol yang terkepung saat beberapa warga sipil melarikan diri dari Sumy.

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
Foto: network /Muhammad Subarkah
.

Orang-orang berjalan di sebelah gedung apartemen yang terkena tembakan di Mariupol,
Orang-orang berjalan di sebelah gedung apartemen yang terkena tembakan di Mariupol,

Pemerintah Ukraina mengatakan beberapa warga sipil dievakuasi dari kota Sumy setelah gencatan senjata lokal sebagian besar terjadi. Meski begitu para pejabat menuduh pasukan Rusia menembaki koridor kemanusiaan yang telah dijanjikan Moskow untuk dibuka untuk membiarkan penduduk melarikan diri dari pelabuhan Mariupol yang terkepung.

Pasukan Moskow telah mengepung beberapa kota Ukraina dan memotong makanan, air, panas dan obat-obatan di tengah meningkatnya kekhawatiran akan bencana kemanusiaan. Tetapi selama berhari-hari, upaya untuk membuat koridor untuk mengevakuasi warga sipil dengan aman telah tersandung di tengah pertempuran yang terus berlanjut dan keberatan terhadap rute yang diusulkan.

Ratusan ribu orang di Mariupol telah berlindung di bawah pemboman tanpa air atau listrik selama lebih dari seminggu. Banyak yang mencoba pergi pada hari Selasa di sepanjang koridor yang aman tetapi Ukraina mengatakan mereka berada di bawah tembakan Rusia.

“Gencatan senjata dilanggar! Pasukan Rusia sekarang menembaki koridor kemanusiaan dari Zaporizhzhia ke Mariupol,” tulis juru bicara kementerian luar negeri Ukraina Oleg Nikolenko di Twitter.