Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

UMSU Kenalkan Halal Center di Muhammadiyah Batubara

Sabtu 12 Mar 2022 00:29 WIB

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)

UMSU Kenalkan Halal Center di Muhammadiyah Batubara - Suara Muhammadiyah

UMSU Kenalkan Halal Center di Muhammadiyah Batubara - Suara Muhammadiyah

UMSU Kenalkan Halal Center di Muhammadiyah Batubara

Medan, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melalui Lembaga Halal Center mulai mengenalkan keberadaan lembaga itu kepada Pimpinan Muhammadiyah di daerah. Kali ini Halal Center UMSU hadir di PDM Batubara.

 

Pada sosialisasi seputar Halal Center itu, tim memperkenalkan Ikrar Halal Muhammadiyah kepada warga Muhammadiyah Kabupaten Batu Bara. Untuk  merespon  kewajiban halal ini dengan program ikrar halal yang dikeluarkan oleh LPH-KHT MUHAMMADIYAH (Lembaga Pemeriksa  Halal – Kajian Halalan Thayyiban Muhammadiyah.  ), yakni lembaga   resmi Muhammadiyah yang memberikan  Ketetapan Ikrar Halal.

Untuk itu, Muhammadiyah Halal Center UMSU bersedia melakukan pendampingan dan pembinaan bagi pelaku usaha micro dan ultramicro untuk memperoleh ketetapan Ikrar Halal, baik bagi  warga Muhammadiyah, masyarakat luas dan amal usaha Muhammadiyah.

Dijelaskan, negara Indonesia menjamin ketersediaan produk halal ini melalui Undang-undang no 33 tahun 2014, tentang Jaminan Produk Halal (JPH). Melalui undang-undang ini, negara mewajibkan semua produk yang beredar di wilayah Indonesia harus bersertifikat halal. Kewajiban sertifikasi halal bagi semua produk yang beredar ini membuat konsumen muslim terlindungi, namun disisi lain kewajiban ini memberatkan bagi usaha mikro dan Ultra Micro, karena untuk mendapatkan sertifikat halal ini diperlukan effort yang cukup besar untuk menerapkan sistem jaminan halal (SJH).

Oleh karenanya, pemerintah merevisi kewajiban sertifikat halal ini menjadi pernyataan halal oleh pengusaha mikro dan Ultra Micro kecil dalam UU no 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan PP No 39 Tahun 2021 Tentang penyelenggraan jaminan prosuk halal.

Khairil Azmi Nasution tim Halal Center UMSU juga sebagai manager  LPH-KHT Muhammdiyah perwakilan Sumatera Utara   mengatakan,  Alhamdulillah Halal Center UMSU sudah menjadi lembaga pembinaan untuk melakukan sefl declare. Di pemerintah  juga  ada yang disebut dengan self declaer melalui program sehati ( Sertifikat Halal Gratis )  nanti cukup di bina dan didampingi  oleh Halal Center  UMSU  Insya allah dapat memperoleh sertikat halal yang dikeluarkan oleh BPJPH,  gratis  tapi harus memiliki NIB ( Nomor Induk Berusaha). Jika belum memiliki NIB maka  Halal Center dapat melakukn pembinaan untuk memperoleh ketetapan Ikrar Halal Muhammadiyah   gratis  meskipun belum memilik   NIB.

Dalam kegiatan  ini Halal Canter UMSU  bekerja sama dengan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara  dalam rangka melakukan kunjungan dan sosialisasi putusan munas Tarjih. (Syaifulh)

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile