Rabu 09 Mar 2022 16:45 WIB

Sering 'Ngidam' Makanan Manis? Atasi dengan Cara Ini

Pemilihan asupan manis yang keliru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Buah ini bisa mengatasi rasa 'ngidam' Anda terhadap makanan manis. (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Buah ini bisa mengatasi rasa 'ngidam' Anda terhadap makanan manis. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keinginan untuk menyantap sesuatu yang manis atau sugar cravings merupakan hal yang sering terjadi. Namun pemilihan asupan manis yang keliru untuk memuaskan sugar cravings bisa menjadi bumerang bagi kesehatan.

Ahli gizi Sydney Greene MS RD mengatakan, sugar cravings cenderung terjadi ketika seseorang menjalani restriksi karbohidrat atau kurang mengonsumsi protein. Cara terbaik untuk mengatasi sugar cravings adalah mengonsumsi buah yang juga mengandung lemak dan protein.

Baca Juga

"Kombinasi buah yang dicerna secara lambat dengan sumber lemak dan protein akan menenangkan sugar cravings," ujar Greene, seperti dilansir di Eat This Not That, beberapa waktu lalu.

Buah terbaik memenuhi kriteria tersebut adalah alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya akan serat dan mengandung lemak sehat sehingga bisa membantu menekan perasaan ingin mengonsumsi sesuatu yang manis.

Terkait lemak, alpukat dikenal kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Di samping itu, alpukat juga merupakan sumber protein yang baik. Kombinasi ini dapat membantu memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

Faktor lain yang dapat menyebabkan sugar cravings adalah ketidakseimbangan kadar gula. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari King's College London menemukan bahwa penurunan kadar gula beberapa jam setelah makan bisa memunculkan rasa lapar yang lebih besar. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya makan berlebih.

Berdasarkan hal tersebut, menjaga kadar gula darah tetap stabil merupakan kunci penting dalam mencegah makan berlebih dan sugar cravings. Berkaitan dengan hal ini, alpukat memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah dan membatasi insulin.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada alpukat turut membantu memperlambat pencernaan. Dengan begitu, peningkatan kadar gula darah akan terjadi secara bertahap dan tidak terlalu tinggi sehingga kestabilan kadar gula darah bisa terjaga dengan baik.

Ada beragam kreasi resep yang bisa dicoba untuk menikmati alpukat ketika sugar cravings terjadi. Salah satunya adalah mengoleskan alpukat yang telah dihaluskan di atas roti gandum panggang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement