PPKM Level 4, Sejumlah Kampus di DIY Terapkan PTM Terbatas

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Mahasiswa mengikuti proses belajar mengajar saat pembelajaran tatap muka (PTM) perdana sebuah kampus (ilustrasi).
Mahasiswa mengikuti proses belajar mengajar saat pembelajaran tatap muka (PTM) perdana sebuah kampus (ilustrasi). | Foto: Antara/Ampelsa

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kegiatan perkuliahan di DIY mulai berjalan Maret 2022 ini. Sejumlah kampus pun menerapkan kegiatan perkuliahan secara tatap muka terbatas pada masa PPKM level 4 di DIY.

Salah satunya Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang akan memulai kegiatan perkuliahan pada pekan depan. Kepala Bidang Humas dan Protokol UAD, Ariadi Nugraha mengatakan, kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan sistem blended learning yakni memadukan perkuliahan offline dan online.

"Insya Allah besok Senin (14/3) UAD akan melakukan proses perkuliahan tatap muka terbatas dengan menerapkan blended learning," kata Ariadi kepada Republika saat dikonfirmasi di Yogyakarta, Rabu (9/3).

Untuk periode pertama pelaksanaan perkuliahan tatap muka terbatas ini, akan dimulai oleh mahasiswa semester 4 dan semester 8. Sedangkan, perkuliahan tatap muka terbatas periode kedua akan dilaksanakan oleh mahasiswa semester 2 dan semester 6.

"PTM terbatas dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," jelasnya.

Ariadi menyebut, semua persiapan untuk menunjang PTM terbatas ini sudah dilakukan. Mulai dari vaksinasi dosis lengkap terhadap civitas akademik, termasuk sarana dan prasarana penunjang lainnya.

"Semua persiapan sudah disiapkan, baik vaksinasi lengkap dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan, PeduliLindungi dan perlengkapan pendukung lainnya," ujar Ariadi.

Pihaknya juga sudah menyiapkan shelter Covid-19 untuk yang terkonfirmasi positif Covid-19. Shelter ini disiapkan untuk civitas akademik yang terpapar Covid-19, terlebih yang datang dari luar DIY.

"Shelter Covid-19 UAD kami buka kembali untuk penyiagaan bagi civitas yang memerlukan tempat isolasi mandiri," tambahnya.

Tidak hanya itu, Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta juga akan memulai kegiatan perkuliahan pekan depan. Sistem perkuliahan di kampus yang berwawasan kesehatan ini juga dilakukan dengan blended learning mengingat adanya kegiatan praktikum, meskipun kebijakan tiap fakultas tidak sama.

"Masing-masing fakultas punya kebijakan, saat ini masih libur semester, masuk (kegiatan perkuliahan) tanggal 15 Maret," kata kepala Biro Humas dan Protokol Unisa Yogyakarta, Sinta Maharani.

Sinta menjelaskan, kegiatan perkuliahan di masa PPKM level 4 ini di Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora (FEISHum) Unisa Yogyakarta dilakukan dengan memadukan sistem daring dan tatap muka. Pembelajaran tatap muka, katanya, diprioritaskan untuk kegiatan praktikum.

Sedangkan, untuk kegiatan perkuliahan di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes), semua pembelajaran teori dan tutorial dari semester 2-8 diselenggarakan secara daring sampai selesainya libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Selanjutnya, kegiatan perkuliahan akan dilaksanakan melihat perkembangan pandemi Covid-19.

Untuk kegiatan di laboratorium dan praktikum di FIKes Unisa Yogyakarta diselenggarakan 50 persen offline. Kapasitas yang dapat diisi di laboratorium juga dibatasi sebesar 50 persen dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Dari FIKes, (saat ini) sudah (mulai) masuk praktikum offline," tambah Sinta.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Terkait


Kota Bogor Kembali Bersiap Gelar PTM Terbatas

Pemkot Malang Rencanakan PTM Senin Pekan Depan

Kasus Covid-19 Melandai, PTM di Kota Bogor Segera Dibuka

Riza: Pelaksanaan PTM di Jakarta Selalu Mengacu Jumlah Kasus Covid-19

DKI Jakarta PPKM Level 2, PTM Siap Kembali 100 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark