Rabu 09 Mar 2022 22:27 WIB

Hasil Liga 1: Persib Tekuk Arema, Tempel Bali United di Puncak Klasemen

Persib mengalahkan Arema FC 2-1 dalam laga pekan ke-30 Liga 1.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Arema FC Fabiano Beltrame (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung Erwin Ramdani (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (9/3/2022).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pesepak bola Arema FC Fabiano Beltrame (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung Erwin Ramdani (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (9/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung berhasil menaklukan Arema FC dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2021/2022. Gol Jayus Hariono dibalas oleh brace Bruno Cantanhede di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Rabu (9/3/2022) malam.

Hasil ini membuat Persib terus menempel pimpinan klasemen Bali United. Maung Bandung mengoleksi nilai 63 dari 30 laga. Ini sama dengan perolehan poin Bali United, yang belum melakoni laga pekan ke-30.

Baca Juga

Sementara kans Arema FC untuk juara Liga 1 musim ini semakin berat. Sebab Singo Edan yang berada di posisi ketiga baru mengumpulkan nilai 58 dengan empat pertandingan tersisa musim ini. 

Dalam laga ini, Persib kembali merotasi pemainnya. Pelatih Persib Robert Rene Alberts memberikan kembali posisi kiper utama kepada Teja Paku Alam. 

Sementara kubu Arema tidak banyak perubahan dalam susunan pemainnya. Pelatih Arema Eduardo Almeida tetap mempercayakan Carlos Fortes dan M Rafly untuk mengisi lini depan. 

Jalannya pertandingan

Persib menekan lini pertahanan Arema sejak awal. Menit kedelapan, tekanan bertubi-tubi dilancarkan Maung Bandung yang berujung tiga kali sepak pojok. Namun semuanya gagal diubah menjadi gol.

Menit ke-11, peluang dari tendangan pojok Persib kembali lepas begitu saja. Tekanan pun diteruskan hingga akhirnya tendangan Ardi Idrus hanya menjadi sepak pojok yang lagi-lagi gagal dikonversi menjadi gol.

Menit ke-17, serangan satu lawan satu Carlos Fortes masih bisa dihalau oleh Teja. Kini Arema memiliki beberapa peluang yang juga gagal dieksekusi.

Persib mendapatkan tendangan bebas di luar kotak penalti atas pelanggaran Alfarizi pada Erwin pada menit ke-30. Namun Klok yang menjadi eksekutor hanya menendang bola jauh di atas kotak penalti.

Tendangan bebas pun diberikan wasit bagi Arema setelah Nick melanggar Cortes. Namun Singo Edan tidak bisa memanfaatkan menjadi gol. Lima menit terakhir, ritme permainan melambat meski aksi saling serang terjadi dari kedua tim.

Wasit memberikan tambahan waktu satu menit untuk akhir babak pertama. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Babak kedua diawali dengan serangan Arema ke lini pertahanan Persib. Menit ke-51, peluang Persib dari kaki Bruno Cantanhede, yang masuk pada pengujung babak pertama menggantikan David Da Silva yamg cedera, masih jauh dari atas mistar gawang.

Menit ke-53, Jayus Hariono berhasil menjebol gawang Teja setelah keluar dari jebakan offside. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Arema. 

Persib menyamakan skor pada menit ke-71. Umpan Febri berhasil dieksekusi dengan baik oleh Bruno. Tanpa penjagaan ketat, sundulan Bruno menjebol gawang Maringa. 

Tak butuh waktu lama bagi Persib untuk unggul. Menit ke-83, Bruno mencetak brace dari umpan Rashid, kali ini dari situasi sepak pojok. 

Unggul 2-1 tak membuat Persib mengendur. Menit ke-90, Maung Bandung mendapatkan peluang dari luar kotak penalti yang gagal dieksekusi oleh Rashid. Wasit memberikan tambahan waktu selama tiga menit. 

Pada sisa laga kedua tim masih melakukan aksi saling serang. Arema yang bernafsu menyamakan skor mendapatkan peluang emas. Tendangan Alfarizi dari luar kotak penati mengarah ke sisi kiri gawang Teja. Namun Teja melompat menepis bola sehingga berbuah sepak pojok. Tendangan sudut ini menjadi peluang terakhir Arema yang gagal dimaksimalkan. Skor 2-1 menjadi milik Persib yang tengah bersaing ketat untuk meraih gelar juara musim ini.

Daftar Susunan Pemain

Persib Bandung: Teja Paku Alam; Ardi Idrus, Henhen Herdiana, Victor Igbonefo, Nick Kuipers; Erwin Ramdani (Ezra Walian 61'), Beckham Putra Nugraha (Febri Hariyadi 61'), Mohammed Rashid, Marc Klok, Frets Butuan (Zalnando 76'); dan David Da Silva (Bruno Cantanhede 42').

Arema FC: Adilson Maringa; Fabiano Beltrame, Johan Ahmat Farizi, Diego Michiels, Sergio Silva; Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono (Bramntio Ramadhan 87'), Dendi Santoso (Ryan Kurnia 79'), Dedik Setiawan (Hamzah Titofani 79'); Carlos Fortes dan Muhammad Rafli (Hanif Sjahbandi 69')

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement