Rabu 09 Mar 2022 23:51 WIB

Perlawanan Imam Lapeo Terhadap Belanda dan Sikap Cerdik Hadapi Jepang

Imam Lapeo merupakan salah satu pendakwah tanah Mandar

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Imam Lapeo. Imam Lapeo merupakan salah satu pendakwah tanah Mandar.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Imam Lapeo. Imam Lapeo merupakan salah satu pendakwah tanah Mandar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Imam Lapeo lahir dan dibesarkan di tengah masyarakat yang bercirikan feodal dan hidup pada masa penjajahan. Kondisi itu menjadi tantangan tersendiri bagi Imam Lapeo, baik dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat biasa maupun sebagai penyebar agama Islam.

Tidak banyak literatur sejarah yang mengisahkan secara mendalam keikutsertaan Imam Lapeo dalam memerangi kolonialisme Belanda dan Jepang di Tanah Mandar. Kendati demikian, perannya di zaman kolonial terlihat dalam pendirian organisasi masyarakat.

Baca Juga

Imam Lapeo merupakan salah satu inspirasi lahirnya organisasi gerakan masyarakat bernama Kebaktian Rahasia Islam (KRIS) Muda. Organisasi inilah yang menjadi wadah perjuangan sebagian besar tokoh di Sulawesi Barat prakemerdekaan.

Dalam KRIS Muda, Imam Lapeo berada pada posisi unsur ulama, unsur lain di luar unsur kepemudaan yang diisi sejumlah tokoh seperti RA. Daud, AR. Tamma, Yahyaddin Puang Lembang, serta unsur bangsawan/raja yang ditempati oleh Andi Depu. 

Karena itu, perjuangan Imam Lapeo sejatinya bisa disejajarkan dengan Andi Depu, peraih predikat Pahlawan Nasional asal Sulawesi Barat pada 2018.

Sayangnya, tak banyak juga yang menulis sepak terjang Imam Lapeo di KRIS Muda. Dalam Imam Lapeo Sebagai Pelopor Pembaharuan Islam di Mandar, Ruhiyat hanya menyatakan bahwa keterlibatan di KRIS Muda membuat Imam Lapeo menjadi motivator perjuangan rakyat Polewali Mandar guna mengusir para penjajah.

Motivasi tersebut sangat berhasil membuat penjajah merasakan tekanan-tekanan ataupun perlawanan yang dilancarkan rakyat. Tekanan yang semakin besar dari rakyat membuat Pemerintah Belanda semakin gerah. Hingga akhirnya belanda berusaha menghentikan dakwah yang dilakukan Imam Lapeo.

Imam Lapeo juga ikut menunjukkan sikap keras secara langsung terhadap penjajah. Dalam Jejak Wali Nusantara: Kisah Kewalian Imam Lapeo di Masyarakat Mandar, Zuhriah menyebutkan bahwa Imam Lapeo menentang larangan Jepang kepada masyarakat Mandar untuk menyalakan api (lampu) di malam hari. Namun, cahaya tetap dibiarkan menyala di masjid Imam Lapeo pada malam hari.

Akibat pembangkangan Imam Lapeo tersebut, Dai Nippon mengutus penasehatnya Umar Faisal untuk menghukum Imam Lapeo. Namun, Imam Lapeo lolos dari hukuman karena alibinya mampu meluluhkan hati Umar Faisal. Imam Lapeo saat itu beralasan, lampu dibutuhkan untuk mendoakan semua umat manusia, termasuk tentara Jepang.

Dari peristiwa tersebut, Imam Lapeo akhirnya dikenal juga sebagai negosiator yang disegani. Bahkan, Jepang akhirnya membantu Imam Lapeo mendirikan menara di masjidnya yang masih kokoh berdiri hingga kini. Menara tersebut meniru model menara masjid di Istanbul, Turki. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement