Kamis 10 Mar 2022 10:24 WIB

Bank Rusia Berlakukan Pembatasan Mata Uang Tunai

Aturan pembatasan mata uang tunai berlaku hingga 9 September

Red: Esthi Maharani
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

ANKARA -- Bank Rusia pada Rabu (9/3/2022) memberlakukan pembatasan sementara terhadap transaksi mata uang tunai.

"Semua dana pelanggan dalam rekening dan simpanan mata uang asing telah disimpan dan dicatat dalam mata uang simpanan. Nasabah diizinkan menarik hingga 10.000 dolar AS secara tunai dan sisa dana dalam rubel dengan nilai tukar pasar pada tanggal penarikan," kata Bank Rusia.

Baca Juga

"Saldo di hampir 90 persen rekening mata uang asing dengan bank Rusia tidak melebihi 10.000 dolar AS, yaitu, 90 persen dari pemegang deposito mata uang asing atau rekening akan dapat menerima semua dana mereka dalam mata uang asing tunai," terang Bank Rusia.

Aturan penarikan tunai dari deposito dan rekening mata uang asing akan efektif hingga 9 September.

"Selama periode sementara ini, penarikan tunai akan dilakukan dalam dolar AS. Mata uang lainnya akan dikonversi ke dolar AS dengan nilai tukar pasar pada tanggal penarikan.

"Mata uang asing dapat ditarik di kantor kas bank," jelas Bank Rusia.

Bank Rusia juga menjelaskan nasabah dapat terus menyimpan dana dalam rekening atau deposito mata uang asing, dan diizinkan membuka rekening dan deposito mata uang asing baru.

"Namun, selama periode sementara untuk transaksi mata uang asing, mereka hanya dapat menarik dana dalam rubel dengan nilai tukar pasar pada tanggal penarikan," pungkas Bank Rusia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement