Ahad 13 Mar 2022 14:36 WIB

Pesantren Diharapkan Ikut Lahirkan Pendekar Wushu

Pesantren memiliki banyak bibit unggul dalam seni bela diri.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi: Santri belajar di pesantren.
Foto: Andolu Agency
Ilustrasi: Santri belajar di pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, REMBANG -- Perkembangan Wushu di Indonesia sangat pesat. Wushu banyak melahirkan altet kaliber nasional maupun Internasional. Salah satunya petinju dunia, Chris John. Dalam rangka menyiapkan altet berkualitas, Pengurus Cabang Wushu Rembang rajin melakukan pendampingan terhadap calon pendekar Wushu.

Ketua Cabang Wushu Kabupaten Rembang M. Bisri Cholil Laquf melakukan pendampingan kepada bibit-bibit Pendekar Wushu sedang berlatih di SMAN 1 Sulang Rembang, Sabtu (12/3). Ia mengeklaim Wushu di Rembang berkembang pesat. Pria yang akrab disapa dengan panggilan Gus Ipul ini berharap agar olahraga bela diri Wushu lebih dikenal masyarakat dan kalangan pesantren.

Baca Juga

“Harapan saya sebagai Ketua Pengurus Cabang Wushu Kabupaten Rembang, Wushu di Rembang ini bisa lebih familiar di tengah Masyarakat umum tanpa terkecuali," ujar Gus Ipul dalam keterangan persnya kepada republika.co.id, Ahad (13/3/3).

Ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan, Wushu akan diupayakan agar bisa masuk dan diterima oleh masyarakat Pesantren. Menurutnya selama ini Cabor Wushu asing di telinga mereka. Padahal pesantren memiliki banyak bibit unggul dalam seni bela diri,”

Gus Ipul menambahkan bahwa olahraga bela diri Wushu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan apabila senantiasa rutin berlatih. 

“Wushu dapat meningkatkan kekuatan, stamina, fleksibilitas, melatih koordinasi tubuh dan melatih keseimbangan. Pada intinya, terdapat segudang manfaat Wushu bagi Kesehatan,” kata Gus Ipul yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Rembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement