Ahad 13 Mar 2022 22:54 WIB

Jurnalis AS Dilaporkan Terbunuh di Ukraina

Jurnalis tersebut diidentifikasikan bernama Brent Renaud.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Muhammad Fakhruddin
Tank Rusia yang hancur telihat di jalan utama di Brovary, di utara Kiev, Ukraina, Kamis (10/3/2022).
Foto: AP Photo/Felipe Dana
Tank Rusia yang hancur telihat di jalan utama di Brovary, di utara Kiev, Ukraina, Kamis (10/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,KIEV -- Seorang jurnalis Amerika dilaporkan ditembak mati pasukan Rusia di kota Irpin, wilayah Kiev, Ukraina pada Ahad (13/3/2022) waktu setempat. Kepala polisi regional Kiev, Andriy Nyebytov mengatakan, selain satu jurnalis terbunuh, seorang jurnalis lainnya terluka.

Nyebytov awalnya mengatakan bahwa jurnalis yang meninggal itu bekerja untuk New York Times (NYT). Pihak NYT mengatakan bahwa jurnalis tersebut memang sebelumnya bekerja untuk surat kabar itu, namun saat ini dia tidak bekerja di NYT. Jurnalis tersebut diidentifikasikan bernama Brent Renaud.

Baca Juga

"Kami sangat sedih mendengar kematian Brent Renaud. Brent adalah seorang fotografer dan pembuat film berbakat yang telah berkontribusi pada The New York Times selama bertahun-tahun," kata NYT di Twitter.

"Meskipun dia telah berkontribusi pada The Times di masa lalu (paling baru pada tahun 2015), dia tidak ditugaskan untuk meja mana pun di NYT di Ukraina," lapor NYT.

"Laporan awal bahwa dia bekerja untuk Times beredar karena dia mengenakan lencana pers Times yang telah dikeluarkan untuk tugas bertahun-tahun yang lalu."

Nyebytov mengatakan bahwa Renaud ditembak oleh pasukan Rusia di Irpin, tetapi tidak memberikan rincian insiden tersebut. Dia juga tidak mengidentifikasi wartawan yang terluka.

"Wartawan lain terluka. Kami saat ini berusaha membawa korban keluar dari zona pertempuran," katanya dalam sebuah pernyataan.

 

sumber: https://www.reuters.com/world/europe/american-journalist-killed-ukraine-kyiv-region-police-chief-says-2022-03-13/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement