Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

 

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Anomali NSH Mountain Gold Timika di IBL 2022

Ahad 13 Mar 2022 23:56 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Pebasket NSH Mountain Gold Timika Shavar Tahrel Newkirk (kiri) mencoba melewati Pebasket Rans Pik David Liberty Nuban (kanan) dalam pertandingan lanjutan Indonesia Basket League (IBL) 2022 di Hall Basket Senayan, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (7/3/2022). Rans Pik mengalahkan NSH Mountain Gold Timika dengan skor 58-46.

Pebasket NSH Mountain Gold Timika Shavar Tahrel Newkirk (kiri) mencoba melewati Pebasket Rans Pik David Liberty Nuban (kanan) dalam pertandingan lanjutan Indonesia Basket League (IBL) 2022 di Hall Basket Senayan, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (7/3/2022). Rans Pik mengalahkan NSH Mountain Gold Timika dengan skor 58-46.

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
NSH bisa bercokol di puncak klasemen Divisi Putih dengan satu pemain asing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Babak reguler IBL Tokopedia 2022 memang balum tuntas. Rata-rata tim baru memainkan sembilan hingga 13 pertandingan dari 22 laga yang akan mereka jalani. Sebelum nantinya delapan tim terbaik dari 16 peserta IBL lolos ke babak delapan besar alias playoffs.

 

Hingga separuh perjalanan babak reguler ini terjadi kejutan atau sebuah anomali. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata anomali dapat diartikan dengan sebuah ketidaknormalan. Secara garis besar, anomali bisa diartikan sebagai suatu keganjilan, keanehan, atau penyimpangan dari keadaan biasa (normal) yang berbeda dari kondisi umum suatu lingkungan.

Baca Juga

Kita bisa melihat anomali itu terjadi di tim NSH Mountain Gold Timika. Betapa tidak, dengan materi pemain yang tidak memiliki nama besar, serta baru menggunakan satu pemain asing dari dua pemain yang diperbolehkan NSH bisa bercokol di puncak klasemen Divisi Putih. 

Tim asuhan Anthony 'Tony' Garbelotto ini sudah mengoleksi 22 poin hasil 10 kali menang dan dua kali kalah. Torehan poinnya mengungguli para peserta lainnya yang lebih diunggulkan seperti dua finalis musim lalu, Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. NSH juga mengungguli Dewa United Surabaya, West Bandits Solo hingga Prawira Bandung.

Berbeda dengan peserta IBL lainnya yang sebagian besar sudah bongkar pasang pemain. Alih-alih mengganti pemain asingnya. NSH bahkan hingga kini masih diperkuat satu pemain asing saja yakni Shavar Newkirk. Sejauh ini Newkirk menjadi andalan utama tim selain kontribusi pemain lokal lainnya. Satu pemain asing NSH lainnya adalah Mike Glover yang tampil perkasa dua tahun lalu, belum juga bergabung bersama tim.

NSH begitu sabar menanti kehadiran Mike Glover. Pemain berjuluk Transformer ini memang pernah menjadi motor utama NSH dua tahun lalu. Kehadirannya di bawah ring sangat membantu baik dari segi pertahanan maupun serangan. Sayang saat itu liga dihentikan karena covid-19. NSH masih percaya pada Glover sehingga hingga kini masih menunggu kedatangannya.

Tampaknya sentuhan coach Tony berperan besar pada performa NSH musim ini. Ia mampu memaksimalkan potensi para pemainnya dan meminimalisasi kekurangan mereka saat bergabung dalam satu tim. NSH kompak dalam defense dan mematikan saat transisi offense. Pemain NSH yang paling menonjol musim ini adalah Hengki Infandi. Musim lalu, NSh bergantung pada Andre Rorimpandey, tapi kini Infandi mengambil sebagian beban khususnya dalam mencetak poin. Musim lalu Infandi mencetak rata-rata 3,5 poin per game. Musim ini angka tersebut naik signifikan menjadi 8,5 poin per game. 

Jika NSH sejauh ini sukses dengan tidak mengganti pemain asingnya, klub lain yang bertahan dengan pemain asingnya dalam gelembung IBL ini justru stagnan. Lihat saja Evos Thunder Bogor. Mereka masih percaya dengan Jaywuan Hill dan Karamoko Cisse. Saat ini Evos Thunder masih terdampar di dasar klasemen divisi putih dengan nilai 14 hasil tiga kali menang dan delapan kali kalah.

Ada tim yang mengalami peningkatan signifikan setelah melakukan perubahan pemain asing. Tim yang paling terlihat kemajuannya setelah melakukan pergantian pemain asingnya adalah RANS PIK Basketball. Masuknya Akeem Scott mampu mencetak lima kemenangan beruntun di gelembung IBL 2022. Hal ini membuat tim milik Raffi Ahmad ini perlahan naik ke posisi empat Divisi Putih saat tulisan ini dibuat sebelum pertandingan Ahad (13/3/2022). 

Dewa United Surabaya yang mengganti dua pemain asing nya juga mengalami peningkatan. Masuknya David Seagers dan Emilio Park membuat Pelatih Andika Saputra kini memiliki opsi serangan yang lebih banyak. Tidak hanya bertumpu pada Kaleb Ramot Gemilang dan Xaverius Prawiro yang sebelumnya selalu menjadi andalan pendulang angka.

Dua tim finalis musim lalu Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta juga termasuk yang mengganti satu pemain asingnya. Pergantian ini tentu sesuai dengan kebutuhan tim. Brachon Griffin sudah memberi dampak positif bagi Satria Muda. Sementara Pelita Jaya yang mengganti pemainnya karena masalah cedera juga mulai terlihat perubahannya.

Namun ada tim yang mengganti satu pemain asingnya justru belum terlihat dampak positifnya. Tangerang Hawks yang sempat mengejutkan dengan mencetak dua kemenangan di awal liga. Kini menelan kekalahan di tujuh laga terakhir yang mereka mainkan. Kehadiran Jarron Crump belum bisa mengangkat tim kebanggaan warga Tangerang ini.

Dengan sisa laga yang masih cukup banyak antara sembilan hingga 13 pertandingan. Pergeseran klasemen memang masih akan terjadi. Sebanyak 15 tim akan berebut delapan tiket babak playoffs. Untuk menentukan delapan tim nantinya klasemen tidak berdasarkan divisi, tapi klasemen gabungan.

Jadi bisa saja Divisi Putih yang dihuni tim-tim yang sejauh ini lebih baik perolehan angkanya, akan meloloskan lebih banyak wakil dibanding Divisi Merah. Babak playoffs sendiri hingga kini belum ditetapkan kapan waktu pelaksanaanya dan di mana. Kita tunggu saja, apakah di sisa waktu ini akan ada perubahan signifikan di papan klasemen. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile