Selasa 15 Mar 2022 10:04 WIB

Pengamat Sebut Kemah Jokowi akan Jadi Tren Baru Wisata Glamping

Wisata glamping menawarkan wisatawan yang ingin merasakan berkemah tanpa perlu ribet.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah di IKN Nusantara, Senin (15/3/2022) malam WIB.
Foto: Dok Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah di IKN Nusantara, Senin (15/3/2022) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan, agenda berkemah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kawasan titik nol kilometer ibu kota negara (IKN) Nusantara bisa memicu tren baru untuk wisata berkemah di alam terbuka. Terutama bagi mereka yang suka alam terbuka dengan tema glamping.

"Ketika seorang presiden berkemah, citra yang terbentuk memang glamping di alam terbuka. Hal itu bisa saja memunculkan tren baru berwisata glamping," kata Chusmeru saat dihubungi di Jakarta, Senin (14/3) malam WIB.

Wisata glamping atau glamorous camping adalah jenis wisata yang menawarkan kemudahan bagi wisatawan yang ingin merasakan berkemah, tetapi tidak perlu ribet menyiapkan tenda dan peralatan sendiri. Hal itu lantaran biasanya lokasi wisata glamping sudah menyediakan set tenda dan peralatan kemah.

Wisata glamping kini sudah banyak tersedia di berbagai daerah. Sayangnya, menurut Chusmeru, hal itu belum menunjukkan perkembangan signifikan, salah satunya karena kurangnya aktivitas maupun atraksi wisata yang ditawarkan pengelola.