Selasa 15 Mar 2022 18:02 WIB

Oligarki Rusia Berniat Beli Barcelona dan Real Madrid

Contoh utama oligarki Rusia adalah Roman Abramovich yang menjadi pemilik Chelsea.

Rep: dip purwadi/ Red: Partner
.
.

Roman Abramovich, taipan Rusia pemilik Chelsea, mengangkat trofi Ligan Champions. (Twitter/@@Chelsea_FL)
Roman Abramovich, taipan Rusia pemilik Chelsea, mengangkat trofi Ligan Champions. (Twitter/@@Chelsea_FL)

KARTUMERAH -- Oligarki Rusia telah lama menunjukkan minat mereka pada dunia sepak bola. Contoh utamanya adalah Roman Abramovich yang menjadi pemilik Chelsea dan membawa mereka meraih kesuksesan di Liga Champions.

Sejak tiba di Chelsea pada 2003, Abramovich telah menginvestasikan lebih dari dua miliar euro untuk mendatangkan pemain. Dalam satu dekade terakhir, Chelsea telah memenangkan dua trofi Liga Champions. Sebuah prestasi yang hanya dilampaui oleh Real Madrid dengan perolehan empat gelar Liga Champions.

• Barcelona Telepon Mohamed Salah, Responnya Sangat Positif

Pengusaha Rusia lainnya, Alisher Usmanov, juga merambah bisnis sepak bola pada Agustus 2007 dengan mengakuisisi saham kecil di Arsenal. Selang 11 tahun kemudian, Usmanov melepas kepemilikan sahamnya dan memutuskan berinvestasi dalam memperoleh hak penamaan tempat latihan Everton.

• Xavi: Mbappe Hanyalah Sebuah Hipotesis

• Jumat Depan, Mbappe Akan Tanda Tangan Kontrak

Perusahaan Usmanov lainnya, Megafon, menjadi sponsor lengan baju untuk pakaian latihan tim pada 2019. Tetapi, Everton menangguhkan kedua kesepakatan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Setelah memutuskan untuk menjual sahamnya di Arsenal, Usmanov menyatakan minatnya untuk mengakuisisi Barcelona. Seperti dikutip dari Marca, Usmanov tidak memahami model kepemilikan klub yang tidak memungkinkan dirinya mengakuisisi kepemilikan saham.

• Tawaran MU Dicuekin Xavi Hernandez

• Barcelona Menggila Jelang El Clasico

Contoh lain adalah Vladimir Lisin. Presiden Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF) Rusia ini meminta seorang teman Spanyolnya untuk menemukan klub La Liga Santander di mana dia bisa berinvestasi. "Berapa harga Real Madrid?" kata Lisin dengan santainya bertanya pada teman Spanyol-nya.

• Dani Alves Sarankan Mbappe Jangan Jadi Pesepak Bola

Usmanov adalah tokoh strategis dalam politik Presiden Vladimir Putin, setelah berinvestasi di Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya di Rusia. Menyusul sanksi Uni Eropa dan tekanan yang diberikan pada dirinya, Usmanov memutuskan untuk menangguhkan aktivitasnya di Federasi Anggar Internasional (FIE).

• Misteri: Islam Dihina, Oezil Mengamuk

• Evra: Mengapa Saya Tidak Boleh Percaya pada Nabi Muhammad?

• Terinspirasi Negeri Muslim, Xavi Hernandez Beri Nama Putrinya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement