Rabu 16 Mar 2022 18:11 WIB

BRIN Harap Mitra Industri Gabung di Pengembangan Vaksin Merah Putih

BRIN berharap mitra industri ikut bergabung dalam pengembangan vaksin Merah Putih.

Red: Bilal Ramadhan
Perkembangan uji coba vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair). BRIN berharap mitra industri ikut bergabung dalam pengembangan vaksin Merah Putih
Foto: Republika
Perkembangan uji coba vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair). BRIN berharap mitra industri ikut bergabung dalam pengembangan vaksin Merah Putih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman (PRBME) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berharap ada industri yang berminat untuk terlibat untuk berkolaborasi melanjutkan pengembangan bibit vaksin Merah Putih yang diriset oleh PRBME.

Pelaksana Tugas Kepala PRBME BRIN Sandi Sufiandi mengatakan riset pengembangan bibit vaksin Covid-19 berbasis platform protein rekombinan dengan menggunakan sel mamalia saat ini belum mempunyai mitra industri. Sementara pengembangan vaksin membutuhkan partisipasi industri sejak awal.

Baca Juga

"Yang berbasis sel mamalia di Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman kami sudah sampai ke tahapan tingkat keempat proof of concept, kemudian uji in vitro dan in vivo alhamdulillah hasilnya bagus, hanya saja membutuhkan mitra industri yang tertarik," kata Sandi dalam webinar Ketahanan Kesehatan Nasional: Pengembangan Vaksin Merah Putih di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Pengembangan dan produksi vaksin, kata dia, membutuhkan anggaran yang besar sehingga memerlukan keterlibatan industri yang akan melanjutkan pengembangan vaksin dengan optimalisasi dan penyiapan bibit vaksin untuk bisa lanjut ke uji praklinis dan uji klinis.

Pihaknya berharap segera ada pihak industri yang berminat semenjak awal mendampingi PRBME untuk menghilirkan kandidat vaksin tersebut. Di lain sisi, PRBME telah berhasil mengembangkan bibit vaksin yang berbasis protein rekombinan dengan menggunakan yeast atau sel ragi.

Bibit vaksin sudah diserahkan ke mitra industri PT Bio Farma untuk dikembangkan lebih lanjut. "Pengembangan vaksin Merah Putih untuk Covid-19 menjadi penting dan fokus pemerintah Indonesia dalam rangka mendukung kemandirian bangsa untuk pemenuhan vaksin Covid-19 dalam negeri di tengah kebutuhan mendesak saat ini," Sandi Sufiandi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

(QS. Al-Baqarah ayat 286)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement