Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

 

30 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Saran Kesehatan Bagi Orang yang Bekerja Hybrid WFH dan WFO

Rabu 16 Mar 2022 11:41 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Saran kesehatan bagi orang yang bekerja secara hybrid WFH dan WFO. (ilustrasi).

Saran kesehatan bagi orang yang bekerja secara hybrid WFH dan WFO. (ilustrasi).

Foto: Pixabay
Para pekerja harus beradaptasi dengan konsep kombinasi kerja WFH dan WFO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan konsep kombinasi (hybrid) bekerja dari kantor (WFO) dan bekerja dari rumah (WFH). Para pekerja harus beradaptasi karena kebiasaan ini menjadi rutinitas baru. 

 

Dilansir di laman India.com pada Rabu (16/3/2022), sangat penting untuk fokus pada kesehatan sambil menempatkan langkah terbaik ke depan menuju pekerjaan Anda.

Baca Juga

Berikut enam tips untuk tetap sehat saat bekerja dari rumah atau dari kantor:

1. Minum air putih yang banyak

Anda harus tetap minum air dan menjaga asupan cairan sepanjang hari untuk menjaga diri tetap terhidrasi melalui semua kelelahan. Tubuh mengalami dehidrasi, bahkan ketika sedang duduk di dalam rumah. Jadi Anda harus mengembangkan kebiasaan membawa botol air dan terus menyesap airnya. 

Anda juga harus memasukkan asupan cairan sehat lainnya seperti air kelapa, air lemon, dan air detoks dalam rutinitas harian Anda. Jika Anda adalah seseorang yang memiliki kebiasaan lupa, Anda juga memiliki opsi untuk menyetel alarm air minum di ponsel untuk mengingatkan Anda akan hal yang sama.

2. Makan yang bergizi 

Saat bekerja, Anda cenderung mengunyah makanan ringan tetapi Anda harus ingat bahwa pentingnya tiga makanan utama tidak boleh diabaikan dan seseorang harus memiliki sarapan, makan siang, dan makan malam yang seimbang saat bekerja dari rumah dan kantor. Melewatkan makan bisa sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan masalah lambung yang parah. Makanan yang dikemas dengan protein, karbohidrat, serat, dan nutrisi penting lainnya membuat Anda tetap berenergi untuk hari itu dan menyelamatkan Anda dari masalah seperti kembung, serangan lambung dan kelelahan.

3. Ngemil 

Sama pentingnya dengan memiliki makanan bergizi, camilan juga perlu di antaranya untuk memuaskan rasa lapar Anda. Anda harus selalu menyimpan beberapa pilihan camilan sehat seperti kacang panggang, buah-buahan, selai kacang tanpa pemanis, protein batangann, dan camilan sehat lainnya sehingga menjauhkan Anda dari mengunyah makanan tidak sehat yang memiliki kandungan gula dan kadar gula yang tinggi.  

4. Latihan pernapasan

Bukan rahasia lagi bahwa latihan pernapasan dapat menenangkan, merilekskan pikiran, dan meningkatkan fokus Anda.  Latihan pernapasan meningkatkan aliran oksigen dalam darah Anda dan meningkatkan energi Anda.  

Bernapas dalam-dalam dapat membantu Anda melawan kecemasan dan mengurangi tingkat stres Anda.  Mempraktikkan latihan ini setiap hari dapat membuat otak Anda tetap segar dan siap untuk mengambil semua beban kerja dengan pola pikir positif.

5. Peregangan

Saat duduk di meja kerja dengan laptop selama berjam-jam, Anda harus istirahat setiap 30 menit hingga 60 menit saat Anda bangun dan meregangkan tubuh. Duduk di satu tempat menimbulkan sakit punggung dan nyeri pada sendi lutut. Peregangan membantu menjaga aliran darah dan membuat Anda tetap bugar.

6. Mengenakan kacamata komputer

Anda harus memperhatikan waktu layar dan memakai kacamata komputer untuk menghindari cahaya biru yang memengaruhi penglihatan Anda. Dengan meningkatnya jam kerja dari rumah, Anda dipaksa untuk duduk di depan layar dan bahkan saat istirahat, Anda menggunakan ponsel yang menghabiskan waktu layar hampir 18 jam sehari. Hal itu menyebabkan mata merah, penurunan penglihatan, dan mata berair.  Ini bisa berbahaya dalam jangka panjang sehingga seseorang harus berhati-hati dan memakai kacamata komputer untuk menghindari komplikasi lebih lanjut pada penglihatan.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile