REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Mayoritas aktivitas nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menggunakan layanan digital. Adapun kondisi ini pun dinilai menjadi wujud keberhasilan transformasi BRI dalam memadukan layanan fisik dan digital.
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan, sebanyak 96,7 persen aktivitas nasabah perseroan telah menggunakan digital channel, sementara, 3,3 persen sisanya masih datang ke unit kerja. Hal tersebut tidak terlepas dari transformasi digital yang dilakukan emiten bank dengan kode BBRI ini sejak 2016, salah satunya menciptakan nilai bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhan.
“Dengan tetap berpegang pada ciri khas layanan jasa keuangan BRI, kami bersyukur dapat diterima dan cocok untuk nasabah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (16/3/2022).
Menurutnya, perseroan akan berkomitmen membuat solusi digital yang relevan untuk ekosistem atau nasabah secara individu. Harapannya, hal ini dapat memperkuat perekonomian nasional dari sektor finansial dan perbankan.
Sebagai catatan, aplikasi digital banking BRI, yakni BRImo mencatatkan pertumbuhan pengguna sebesar 56,4 persen menjadi 14,2 juta sepanjang tahun lalu atau dari 9,1 juta pada 2020. Adapun jumlah transaksi juga naik sekitar 66,2 persen menjadi 1,27 miliar.
Nilai transaksi yang dibukukan melalui platform BRImo pada 2021 sebesar Rp 1.345 triliun atau meningkat 581,1 persen atau dari Rp 197 triliun pada 2020.