Kamis 17 Mar 2022 12:54 WIB

Drama Korea Dongkrak Penjualan Komik yang Diadaptasi

Kini, kian banyak drama korea populer yang diadaptasi dari komik.

Red: Nora Azizah
Kini, kian banyak drama korea populer yang diadaptasi dari komik (Foto: ilustrasi salah satu drama korea)
Foto: Disney+ Hotstar
Kini, kian banyak drama korea populer yang diadaptasi dari komik (Foto: ilustrasi salah satu drama korea)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peningkatan popularitas serial televisi Korea yang diadaptasi dari komik web telah meningkatkan permintaan untuk komik orisinalnya di seluruh dunia, demikian data yang dihimpun Yonhap, dikutip Kamis (17/3/2022). Serial "Business Proposal" yang saat ini banyak dibicarakan di Korea Selatan dan luar Korea, misalnya, turut mendongkrak versi novel web dan komik webnya. Bahkan mendapatkan popularitas yang lebih besar dari perkiraan.

Sebagai informasi, serial "Business Proposal" yang disiarkan di SBS dan Netflix itu mendapat penerimaan yang baik, mencapai 10,1 persen dalam peringkat pemirsa untuk episode keenam di Korea Selatan serta masuk di 10 besar tangga acara Netflix secara global. Menurut data Kakao Entertainment, versi novel web dan webtoon yang berjudul "The Office Blind Date" mencatat total 450 juta penayangan di seluruh dunia pada akhir Februari, bahkan sebelum penayangan perdana serial TV-nya. 

Baca Juga

Di Korea Selatan, novel dan komik web ini mencapai 160 juta penayangan. Secara khusus, webtoon "The Office Blind Date" menduduki peringkat pertama dalam penjualan di platform daring Kakao Thailand pekan ini dan selama dua pekan berturut-turut. Selain itu, komik web ini juga menempati nomor satu dalam penjualan di Taiwan dan Indonesia.

Sebelumnya, webtoon "Now at Our School", yang diadaptasi menjadi serial Netflix "All of Us Are Dead", juga mengalami peningkatan 80 kali lipat penayangan daring dan 59 kali lipat dalam penjualan bulan lalu, menurut Naver Webtoon. Sementara webtoon orisinal dari serial "Hellbound" akan diterbitkan di 11 negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang. Penerbit komik web "Hellbound", Munhak Dongne, mengatakan bahwa perusahaan komik asal AS Dark Horse Comics akan memenuhi syarat untuk hak penerbitan edisi bahasa Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement