Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Gus Baha: Yang Boleh Maksiat Itu Kiai, yang Boleh Melanggar Hukum Itu Pakar Hukum

Jumat 18 Mar 2022 06:08 WIB

Rep: Kurusetra/ Red: Partner

.

.

Kiai boleh maksiat karena tahu ilmu tobat, pakar hukum melanggar hukum karena tahu ilmunya untuk melanggar.

KH Ahmad Bahauddin. Gus Baha mengatakan kiai boleh maksiat karena tahu ilmu tobat, pakar hukum melanggar hukum karena tahu ilmunya untuk melanggar. Foto: IST.
KH Ahmad Bahauddin. Gus Baha mengatakan kiai boleh maksiat karena tahu ilmu tobat, pakar hukum melanggar hukum karena tahu ilmunya untuk melanggar. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... KH Ahmad Bahauddin alias Gus Baha kembali mencuri perhatian setelah potongan ceramahnya tentang kiai dan penegak hukum. Dalam ceramahnya tersebut Gus Baha mengatakan yang boleh bermaksiat itu kiai karena sudah tahu ilmu bertobat, begitu pula yang boleh melanggar hukum itu pakar hukum karena tahu ilmunya untuk melanggar.

Dalam video itu, pengasuh Pondok Pesantren Tahfidul Qur'an LP3IA ini membahas membahas soal kiai yang suka melakukan maksiat. Gus Baha secara terang-terangan mengaku pernah menemukan ada seorang kiai yang kadang-kadang suka melakukan perbuatan maksiat.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Dur, Kenapa Bapakmu Gak Poligami? Dijawab karena Takut Mertua

"Makanya dulu itu terkenal ada guyonan, seorang kiai ditanya. Ini guyonan nyata. Pak kiai, katanya kia itu suci, tapi kadang-kadang maksiat juga," kata Gus Baha.

"Kiai ini jawabannya ngawur sekali, justru itu yang boleh melakukan maksiat itu kiai. Kamu tidak boleh. Kenapa pak kiai? dia tau caranya bertobat, kamu tidak tahu hahahaha," sambung Gus Baha diiringi gelak tawa jamaahnya.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Jika Perang di Laut, Kapal Indonesia Belum Ditembak Sudah Tenggelam karena Keberatan

Namun, guyonan Gus Baha itu pintu masuk untuk menyinggung aparat penegak hukum. "Jadi yang melanggar hukum itu kan yang pakar hukum. Tahu ilmunya untuk melanggar, tetapi tidak bisa dipidanakan," katanya.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

> Sujiwo Tejo: Indonesia Mayoritas Muslim Kenapa Harus Ada Logo Halal, Tapi Enggak Ada Logo Haram?

> Humor Gus Dur: Presiden Israel Tertawa Topi Yahudi Disebut BH yang Dibelah Dua

> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

> Humor Gus Dur: Ormas Gak Jadi Bubarkan Pengajian Gus Dur karena Takut Kualat

> Humor Gus Dur: OPM Kibarkan Bendera Bintang Kejora, Anggap Saja Umbul-Umbul Sepak Bola

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

sumber : https://kurusetra.republika.co.id/posts/79997/gus-baha-yang-boleh-maksiat-itu-kiai-yang-boleh-melanggar-hukum-itu-pakar-hukum
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile