Jumat 18 Mar 2022 20:25 WIB

JK: Warga Sumbar Jangan Terprovokasi Situasi Nasional    

JK mengajak warga Sumatra Barat arif sikapi situasi nasional saat ini

Red: Nashih Nashrullah
Wapres RI ke 10 dan ke 12 yang juga Ketua DMI Jusuf Kalla, mengajak warga Sumatra Barat arif sikapi situasi nasional saat ini
Foto: Republika/Febrian Fachri
Wapres RI ke 10 dan ke 12 yang juga Ketua DMI Jusuf Kalla, mengajak warga Sumatra Barat arif sikapi situasi nasional saat ini

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI— Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mendorong Sumatra Barat untuk kembali memunculkan tokoh nasional dari daerah setempat yang dikenal berwawasan luas dan berperang menggunakan pikirannya seperti saat awal pendirian bangsa Indonesia.

"Jika di daerah lain di Indonesia mayoritas menggunakan tombak, pedang dan semacamnya saat berperang, maka orang Minangkabau muncul dengan otak yang dipenuhi ide dan pemikirannya, bukan otot," kata Jusuf Kalla di Bukittinggi, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga

Dia menyoroti peran strategis kelompok budaya Minangkabau melalui tokoh-tokoh perjuangan yang berada di posisi teratas sejak jaman dulu.

"Entah apa jadinya jika Bung Karno tidak didampingi oleh Bung Hatta dulu, sejarah Indonesia menempatkan Urang Minang di tempat teratas," kata dia.