Sabtu 19 Mar 2022 00:10 WIB

Puluhan Bintang Hollywood Layangkan Protes untuk Royal Bank of Canada

Protes dilayangkan pada Royal Bank of Canada terkait peduli krisis iklim.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Nora Azizah
Aktor Leonardo DiCaprio menjadi salah satu selebritas Hollywood yang melayangkan protes.
Foto: EPA
Aktor Leonardo DiCaprio menjadi salah satu selebritas Hollywood yang melayangkan protes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan bintang Holllywood kondang melayangkan surat protes kepada Royal Bank of Canada. Mereka mendesak agar bank tersebut segera menarik dukungan pendanaan kepada Coastal Gaslink untuk proyek pembangunan pipa penghubung gas di kawasan pesisir di Canada. 

Sejumlah artis yang melakukan aksi solidaritas tersebut antara lain Mark Ruffalo, Leonardo DiCaprio, Ben Stiller, Scarlett Johansson, Taika Waititi, Jane Fonda, Susan Sarandon, dan Robert Downey Jr.

Baca Juga

"Perusahaan induk City National Bank, Royal Bank of Canada mendanai krisis iklim dan melanggar hak-hak Masyarakat Adat," tulis surat tersebut dilansir dari Foxnews, Jumat (18/3/2022).

Mereka juga mengirimkan surat ke City National Bank. Bank tersebut diketahui mengakuisisi Royal Bank of Canada pada 2015 lalu.

Sejumlah artis juga mengunggah video dengan menggaungkan tagar #NoMoreDirtyBanks. Salah satunya dilakukan juga oleh Ruffalo. Dalan videonya Ruffalo menjelaskan keterlibatan bank dengan pipa Coastal GasLink. 

"Saat ini, bank-bank besar seperti Royal Bank of Canada sedang mendanai pipa gas yang dibongkar melalui tanah negara Wet'suwet'en di Northern British Columbia, Canada," katanya.

Sementara itu dalam sebuah pernyataannya, Coastal GasLink menyatakan bahwa sejak awal proyek, Coastal GasLink telah berusaha untuk terlibat dan berkonsultasi dengan Rumah Wet'suwet'en melalui Kantor Wet'suweten.

"Coastal GasLink mengakui bahwa rekonsiliasi pribumi dan mengatasi perubahan iklim sangat penting untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan," bunyi pernyataannya tersebut.

"Kami akan mendorong semua orang yang tertarik untuk meluangkan waktu untuk memahami semua fakta dan peran penting yang dimiliki masyarakat adat dalam mengembangkan dan membangun Proyek," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement