Jumat 18 Mar 2022 23:01 WIB

Industri Grosiran Jadi Solusi Bisnis Masa Pandemi

Kafa Kids bangun bisnis grosir pakaian anak dan gamis selama pandemi

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah pekerja memproduksi pakaian anak dan gamis anak (ilustrasi). Kisah inspiratif kakak beradik Hermawati Ika Selfiana dan Nita Apriyana dalam membangun merek Kata Kids fokus pada produksi baju anak dan grosir gamis anak terutama perempuan saat masa pandemi. Pandemi Covid-19 ditetapkan pemerintah Indonesia pada awal 2020 dan menyebabkan banyak kendala berbagai bidang, seperti berkurangnya konsumsi masyarakat terutama konsumsi pakaian.
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Sejumlah pekerja memproduksi pakaian anak dan gamis anak (ilustrasi). Kisah inspiratif kakak beradik Hermawati Ika Selfiana dan Nita Apriyana dalam membangun merek Kata Kids fokus pada produksi baju anak dan grosir gamis anak terutama perempuan saat masa pandemi. Pandemi Covid-19 ditetapkan pemerintah Indonesia pada awal 2020 dan menyebabkan banyak kendala berbagai bidang, seperti berkurangnya konsumsi masyarakat terutama konsumsi pakaian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah inspiratif kakak beradik Hermawati Ika Selfiana dan Nita Apriyana dalam membangun merek Kata Kids fokus pada produksi baju anak dan grosir gamis anak terutama perempuan saat masa pandemi. Pandemi Covid-19 ditetapkan pemerintah Indonesia pada awal 2020 dan menyebabkan banyak kendala berbagai bidang, seperti berkurangnya konsumsi masyarakat terutama konsumsi pakaian.

Hal tersebut disebabkan karena mereka lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan pangan akibat pembatasan keluar rumah yang diterapkan pemerintah guna mencegah tersebarnya virus Covid19. Bisnis baju anak yang dijalankan kedua kakak beradik ini juga mengalami kendala akibat pandemi yaitu omset penjualan turun.

Mereka pun mencari solusi supaya tetap bertahan, salah satunya dengan mengendorse beberapa artis yang memiliki anak kecil yang bisa memakai produk Kata Kids dengan tujuan untuk menaikkan omset penjualan. Beberapa artis yang diajak kerja sama untuk endorsement seperti Fitri Tropica, Syahnaz Sadiqah dan Zaskia Adya Mecca.

Tak selamanya jalur endorsement artis bisa menaikkan omset penjualan, hal tersebut bisa disebabkan berbagai aspek. Makanya para pelaku usaha diwajibkan memiliki alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menambah omset penjualan, itulah yang selalu dipikirkan kakak beradik ini.

Mengendorse beberapa artis di atas bukan satu-satunya cara yang ditempuh untuk mencapai target yang mereka ingin. Di sisi lain selain harus meningkatkan omset penjualan, mereka juga harus berusaha untuk tetap menggaji stafnya dan solusi yang mereka pilih merupakan cara menambah karyawan lagi tanpa harus mengurangi karyawan.

“Alhamdulillah beberapa usaha yang dilakukan kakak beradik ini membuahkan hasil, April 2021 omset penjualan bisa 300jt/bulan. Hal tersebut diyakini bisa berhasil dengan mindset bahwa bisnis itu tidak hanya sekedar mencari laba tapi juga bisa memberikan sedikit sumbangsih ke masyarakat,” ujar Pemilik Kata Kids, Hermawati Ika Selfiana dan Nita Apriyana, Jumat (18/3/2022).

Salah satu contoh yang diterapkan bisnis Kata Kids untuk memberikan sedikit sumbangsih ke masyarakat adalah dengan menambah karyawan lagi, alhamdulillah sekarang sudah hampir 10 staf yang bekerja dengan status karyawan tetap di Kata Kids.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement