Senin 21 Mar 2022 23:24 WIB

Bertemu Presiden Jokowi, Ketua DPR Korsel Berbagi Pengalaman Soal Pemindahan Ibu Kota

Kedua negara siap meningkatakan kerja sama di berbagai bidang.

Rep: Fergi Nadira Bachruddin/ Red: Partner
...
Foto: network /Fergi Nadira Bachruddin
.

Yonhap
Yonhap

Chingudeul...

Presiden kita, Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan menerima kunjungan kerja Ketua Majelis Nasional Republik Korea (DPR)-nya Korea Selatan (Korsel), Park Byeong-seug. Pertemuan ini dilakukan di Bali International Convention Center (BICC) pada Minggu (20/3/2022) malam.

Keduanya membahas peningkatan kerja sama antara kedua negara. Jokowi juga menyingung komitmen investasi Korsel di industri mobil listrik dan ekosistemnya.

Dalam laporan Yonhap News Agencies, selain membahas kerja sama di berbagai bidang, Park berbagi pengalaman Korsel dalam memindahkan ibu kota administratifnya ke Sejong. Hal ini karena melihat Indonesia yang berencana untuk memindahkan ibu kotanya dari Jakarta di Jawa ke kota baru bernama Nusantara di pulau Kalimantan.

Jokowi kemudian merespon dan bahwa Presiden ingin mengirim utusan Indonesia ke Korsel untuk mempelajari pengalaman relokasinya dan menyatakan niatnya untuk mengunjungi kota Sejong.

Park kemudian meminta dukungan Indonesia untuk stabilisasi pasokan urea atau pupuk nitrogen. Desember lalu, kedua negara menandatangani nota kesepahaman terkait rantai pasokan urea di mana Korsel akan mendapatkan 10.000 ton urea per bulan selama tiga tahun ke depan dari Indonesia.

Ketua DPR juga meminta minat dan dukungan Indonesia terhadap perusahaan Korsel. Jokowi mengatakan dia bersyukur atas investasi yang dilakukan oleh bisnis Korsel dan berjanji pemerintahnya dan dukungan parlemen untuk perusahaan Korsel.

Keduanya juga menjanjikan dukungan satu sama lain untuk tawaran Korsel menjadi tuan rumah Expo Dunia 2030 di Busan sedangkan Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 akhir tahun ini. Park sedang dalam kunjungan tiga hari ke Indonesia untuk menghadiri Sidang Umum IPU, di mana para pemimpin parlemen dari 110 negara membahas langkah-langkah perubahan iklim, perdamaian global, dan pencegahan virus.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto.

sumber : https://chingudeul.republika.co.id/posts/83382/bertemu-presiden-jokowi-ketua-dpr-korsel-berbagi-pengalaman-soal-pemindahan-ibu-kota
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement