Selasa 22 Mar 2022 06:39 WIB

Diminum Tiap Hari, Jus Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol Tinggi

Menurunkan tekanan darah tinggi sedikit saja, bisa turunkan risiko masalah kesehatan..

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
...
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mengukur tekanan darah (Ilustrasi). Ada cara mudah untuk mengelola tekanan darah tinggi, yakni dengan mengonsumsi segelas jus tomat tawar setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Blood Pressure UK mengungkapkan fakta bahwa sekitar sepertiga orang dewasa di Inggris mengidap hipertensi. Jika memiliki tekanan darah tinggi, menurunkannya sekalipun sedikit saja, dapat membantu menurunkan risiko sejumlah kondisi kesehatan yang serius.

Salah satu cara termudah untuk mengelola tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi segelas jus tomat tawar setiap hari. Studi menunjukkan bahwa jus tomat tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah, tetapi juga membantu mengelola kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga

Jus tomat dikatakan memiliki sifat yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Science and Nutrition, jus tomat secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur.

Untuk membuktikan efek ini, para peneliti dari Tokyo Medical and Dental University serta dari Tucson Plant Breeding Institute, mempelajari efek jus tomat tawar pada sampel 481 peserta. Peserta yang secara teratur minum jus tomat mengalami penurunan drastis pada tekanan darah mereka setelah 12 bulan.

Dikutip dari laman Express, Senin (21/3/2022), para peneliti dari penelitian ini melihat peningkatan yang baik pada tekanan sistolik dan diastolik, serta LDL atau kolesterol "jahat". Blood Pressure UK menyebut minuman berwarna merah yang dapat menurunkan hipertensi adalah jus tomat.

Alasan mengapa jus tomat itu begitu manjur adalah kandungan potasiumnya. Kalium adalah mineral yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Mengonsumsi makanan dan minuman yang dikemas dengan mineral ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement