Selasa 22 Mar 2022 07:29 WIB

90 Persen Pengidap Kanker Usus Alami Hematochezia, Seperti Apa Tandanya?

Sekitar 90 persen pengidap kanker usus alami hematochezia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Orang yang tidak punya wasir lalu mengalami hematochezia alias munculnya darah segar pada tinja, harus mewaspadai kemungkinan kanker usus.
Foto: Republika/Prayogi
Sakit perut (Ilustrasi). Orang yang tidak punya wasir lalu mengalami hematochezia alias munculnya darah segar pada tinja, harus mewaspadai kemungkinan kanker usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hematochezia bisa menjadi gejala awal kanker usus. Meski tidak selalu menandakan kondisi serius di setiap kasus, faktanya 90 persen pengidap kasus kanker usus mengalami hematochezia.

Apa sebetulnya hematochezia? Ini adalah kondisi yang ditandai dengan adanya darah segar berwarna merah cerah pada tinja. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) juga mencantumkan gejala ini yang mengindikasikan kanker usus.

Baca Juga

Dengan catatan, pasien tersebut tidak mengalami wasir. Sementara, menurut penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Gastroenterology, hubungan hematochezia dan kanker usus perlu dicermati secara berhati-hati.

"Penelitian menunjukkan bahwa tujuh hingga 10 persen pasien dengan pendarahan rektum kronis yang nyata memang memiliki kanker kolorektal," demikian bunyi kesimpulan studi tersebut, dikutip dari laman Express, Senin (21/3/2022).

Kanker usus yang juga disebut kanker usus besar atau kanker kolorektal dianggap sebagai salah satu jenis kanker paling umum. Jenis kanker ini memengaruhi hampir 43 ribu orang di Inggris setiap tahun.

Kabar baiknya, mendeteksi kanker usus lebih awal dapat membuat pengobatan lebih efektif dan memiliki kemungkinan besar sembuh, bahkan mencegah kanker datang kembali. Untuk itu, mengetahui gejala awalnya sangat penting.

Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang memiliki peran dalam memecah makanan dan membantu sisa makanan bergerak keluar dari tubuh. Berkaitan dengan letak organ ini, gejala ketika ada gangguan bisa terlihat saat buang air besar.

Kanker usus besar sangat mungkin untuk diobati dan disembuhkan. Akan tetapi, bagian yang sulit adalah mendeteksi tanda-tanda peringatan yang cenderung tidak kentara atau kerap salah diduga sebagai gangguan kesehatan yang lain.

Selain hematochezia, NHS menyebutkan tanda-tanda kanker usus lainnya, yakni perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus. Sebagai contoh, seseorang jadi lebih sering buang air besar, atau kotorannya jadi lebih encer.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا
Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

(QS. Al-Ahzab ayat 35)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement