Selasa 22 Mar 2022 19:34 WIB

Ini Dia Film-Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa

Jenis film ini sukses menghadirkan ikon legendaris seperti Bruce Lee dan Jackie Chan..

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
...
Foto: Columbia TriStar Film Distributors Internatio
Film-film kungfu terbaik sepanjang masa, salah satunya Kung Fu Hustle. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film-film kungfu punya tempat tersendiri di hati penyuka sinema laga. Subgenre dari genre sinema seni bela diri tersebut kerap menawarkan adegan pertarungan tangan kosong yang menegangkan.

Jenis film ini sukses menghadirkan ikon legendaris seperti Bruce Lee dan Jackie Chan, juga menginspirasi waralaba gim video seperti Mortal Kombat dan Street Fighter. Elemen musik serta penyutradaraannya pun tidak main-main.

Baca Juga

Sejumlah sineas tidak mengkhususkan diri untuk film kungfu, namun sering memanfaatkan estetikanya. Berikut beberapa film kung fu terbaik sepanjang masa, seperti dikutip dari laman Looper, Selasa (22/3/2022).

1. Enter the Dragon (1973)

photo
Film Enter the Dragon. - (Warner Bros)
 

Ini adalah film terakhir aktor bela diri Bruce Lee sebelum dia meninggal dunia pada usia 32 tahun. Enter the Dragon diarahkan oleh sutradara Robert Clouse, dianggap sebagai film kungfu paling berpengaruh sepanjang masa sekaligus mahakarya Lee, juga salah satu film paling sukses secara finansial yang pernah dibuat.

2. Kill Bill (2003)

photo
Film Kill Bill. - (Miramax Films)
 

Sutradara Quentin Tarantino menghadirkan dua volume film Kill Bill pada 2003 dan 2004. Keduanya mendapat sambutan positif, menampilkan aktris Uma Thurman yang memerankan tokoh dengan julukan "Bride".

Karakter itu ingin membalas dendam kepada Bill (David Carradine) karena berusaha membunuh Bride dan bayi dalam kandungannya. Dalam film ini, Tarantino menggabungkan elemen kung fu, samurai Jepang, film giallo ala Italia, serta gaya spageti Western.

3. Ip Man (2008)

photo
Film Ip Man. - (Mandarin Films)
 

Puncak kejayaan film kungfu mungkin ada di era Bruce Lee, tapi deretan sinema penerusnya juga dinikmati oleh generasi baru. Salah satu yang sukses melakukannya adalah Ip Man, dengan bintang Donnie Yen.

Film biografi fiksi ini berfokus pada grandmaster seni bela diri Wing Chun, yang dikenal karena melatih beberapa seniman bela diri terhebat di dunia (termasuk Bruce Lee). Akurasi aspek sejarah di film ini memang diperdebatkan, tapi banyak pihak mengapresiasinya.

4. Kung Fu Hustle (2004)

photo
Film Kung Fu Hustle. - (Columbia TriStar Film Distributors International)
 

Menghibur dan menyenangkan adalah kesan yang didapat usai menonton Kung Fu Hustle. Deretan karakter di film laga komedi ini seakan mengabaikan hukum fisika, bergerak dengan kecepatan dan kelincahan komikal, tetapi adegan pertarungan bergaya kocak itu dilakukan dengan sangat baik.

Stephen Chow membintangi film kungfu modern ini, sekaligus menjadi sutradara dan penulis skenario. Kung Fu Hustle dirancang sebagai parodi dari film kungfu klasik, namun juga menampilkan beberapa aktor dan aktris bela diri ternama.

5. Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

photo
Film Crouching Tiger, Hidden Dragon. - (Sony Pictures Classics)
 

Sinema kungfu jarang menang atau mendapatkan nominasi dari festival film internasional. Crouching Tiger, Hidden Dragon arahan sutradara Ang Lee mendobrak kondisi itu dengan menuai pengakuan universal.

Dibintangi Chow Yun-fat, Michelle Yeoh, dan Zhang Ziyi, film ini memadukan kung fu dan romansa. Hingga kini, film memenangkan lebih dari 40 penghargaan, mendapat empat Piala Oscar, serta memegang rekor nominasi Academy Award terbanyak yang pernah didapat film yang tidak berbahasa Inggris.

Ada judul film kungfu lainnya yang layak diperhitungkan, seperti The Legend of Drunken Master (1994), The 36th Chamber of Shaolin (1978), Once Upon a Time in China (1991), Master of the Flying Guillotine (1976), dan Police Story (1985). Begitu pula Five Deadly Venoms (1978) serta Iron Monkey (1993).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement