Rabu 23 Mar 2022 06:12 WIB

Undian Piala Dunia 2022 Qatar Sementara Hanya Melibatkan 29 Negara dari 32 Peserta

Tiga tempat yang masih tersisa akan ditentukan pada Juni 2022.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Logo Piala Dunia Qatar 2022.
Foto: DOK MLS
Logo Piala Dunia Qatar 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Undian Piala Dunia 2022 Qatar pekan depan akan berbeda dari sebelumnya. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menguraikan prosedur pada Selasa (22/3/2022) untuk pengundian di Qatar pada 1 April 2022.

Hanya 29 dari 32 tim dalam pengundian yang akan diketahui saat itu karena perang dan krisis kesehatan global. Tiga tempat tersisa akan ditentukan pada Juni, termasuk satu tim dari Eropa dalam pertandingan yang melibatkan Ukraina dan yang lainnya dari play-off antarbenua.

Baca Juga

Pada pengundian di Doha, Qatar, 29 tim yang memenuhi syarat akan dimasukkan ke dalam empat pot sesuai dengan peringkat FIFA yang didasarkan pada hasil tim nasional dan akan diperbarui sehari sebelum pengundian.

Tuan rumah Qatar berada di pot 1 bersama dengan juara bertahan Prancis, Belgia, Brasil, Argentina, Inggris, dan Spanyol. Tim unggulan teratas terakhir kemungkinan adalah Italia atau Portugal, yang berada di braket playoff yang sama. Jerman, juara Piala Dunia 2014, telah berada di luar 10 besar selama lebih dari tiga tahun dan akan berada di Pot 2.

FIFA menyelesaikan ketidakpastian seputar bagaimana menyemai tiga entri yang belum diputuskan dengan membuat tempat placeholder di pot 4. Tim yang terkena dampak bisa mendarat di grup Piala Dunia yang lebih sulit daripada peringkatnya hanya karena tidak bisa menyelesaikan permainan seperti yang dijadwalkan semula.

Selain Ukraina, Wales dan Kolombia termasuk di antara tim yang mungkin terpengaruh. Masing-masing dari ketiganya, jika lolos, kemungkinan akan berada di pot 3.

Ukraina dijadwalkan bermain di Skotlandia pada Kamis (24/3/2022) dengan pemenang maju untuk bermain melawan Wales atau Austria pada 29 Maret. Ukraina meminta penundaan karena tidak mungkin bagi pemainnya untuk berlatih dan melakukan perjalanan selama invasi Rusia.

Pandemi ini juga membuat penumpukan pertandingan, termasuk di luar Eropa pada 2020 dan menyebabkan play-off antarbenua tertunda. Play-off tersebut dijadwalkan akan dimainkan di Qatar pada 13-14 Juni. Tim Asia akan melawan tim Amerika Selatan, dan perwakilan Oseania akan melawan tim dari wilayah Amerika Utara.

Pengundian Piala Dunia diseimbangkan untuk memisahkan tim dari benua yang sama. Sebanyak 13 negara Eropa akan dialokasikan sehingga tidak satu pun dari delapan grup memiliki lebih dari dua tim dari benua itu.

Piala Dunia dijadwalkan akan dimainkan pada 21 November-18 Desember 2022 di delapan stadion di sekitar ibu kota Qatar, Doha.

Negara tuan rumah saat ini berada di peringkat nomor 52 dunia, tim terendah yang sudah lolos. Itu lebih tinggi dari tuan rumah 2018 Rusia, yang berada di peringkat 65 ketika grup diundi empat tahun lalu. FIFA menyingkirkan Rusia dari babak play-off kualifikasi bulan ini sebagai hukuman karena menyerang Ukraina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement