Cara Memaksimalkan Ibadah Selama Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 23 Mar 2022 06:11 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Cara Memaksimalkan Ibadah Selama Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Cara Memaksimalkan Ibadah Selama Ramadhan

Lakukan ibadah sambil sepenuhnya sadar akan dimensi dan makna ibadah itu.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Umat Islam diharapkan mendapatkan buah dari bulan Ramadhan, yakni ketakwaan dan kesadaran akan Allah. Allah SWT berfirman dalam Alquran, “Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjauhi kejahatan).” (Al-Baqarah 2:183)

Cendekiawan Muslim di Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada Sheikh Ahmad Kutty mengatakan Ramadhan adalah bulan yang paling diberkati dalam kalender Islam. Ramadhan membantu mengembangkan kebajikan dan keterampilan penting untuk menjalani kehidupan yang bermakna.

Baca Juga

Karena selama ini, menurutnya, manusia menjadi sangat sibuk dengan dimensi fisik dan material hingga melupakan inti spiritualitas dalam kehidupan itu sendiri. Maka datanglah Ramadhan untuk mengingatkan kita tentang siapa kita sebenarnya dan bagaimana kita mendisiplinkan diri kita sedemikian rupa sehingga kita sadar akan potensi spiritual kita sepenuhnya.

Dilansir dari About Islam, Rabu (23/3/2022), Ahmad Kutty membagikan cara mendapatkan manfaat di bulan Ramadhan ini. Dia juga menyarankan agar kita fokus pada hal-hal berikut.

Cara Memaksimalkan Ibadah Selama Ramadhan

1. Menyambut Ramadhan dengan semangat yang besar dan berharap untuk keluar sepenuhnya dengan perubahan dalam tubuh, pikiran, dan jiwa.

2. Lakukan semua tindakan ibadah sambil sepenuhnya sadar akan dimensi dan makna batin tersebut. Paling sering kita membiarkan diri kita menjalani ritual-ritual ini sebagai pekerjaan mekanis belaka dengan hasil kita hampir tidak mendapatkan manfaat darinya baik secara spiritual maupun moral.

 

 

Berita Lainnya

Play Podcast X