Polresta Tangerang Siapkan Skema Pengamanan Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

 Rabu 23 Mar 2022 13:54 WIB

Suasana sahur on the road (ilustrasi). Polresta Tangerang Siapkan Skema Pengamanan Ramadhan Foto: Dokpri/Republika Suasana sahur on the road (ilustrasi). Polresta Tangerang Siapkan Skema Pengamanan Ramadhan

Polresta Tangerang meningkatkan pendampingan dan pengawasan kegiatan warga.

 

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten menyiapkan sejumlah skema dalam operasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam menjaga kondusivitas wilayah selama Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah/2022.

"Yang jelas saat ini kita sedang melaksanakan operasi Aman Nusa Dua, baik terkait penanganan Covid-19 dan kegiatan rutin antisipasi meningkatnya kejadian gangguan kamtibmas," kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan skema kamtibmas yang akan disiapkan selama Ramadhan ini kondisinya akan berbeda dari tahun sebelumnya. Mengingat saat ini Indonesia tengah beralih dari fase pandemi ke endemi sehingga dapat memungkinkan terjadinya massa aktivitas masyarakat yang lebih tinggi.

"Tapi kita terlebih dahulu akan rapat koordinasi dengan Fokopimda maupun dengan instansi lainnya, terkait pembahasan kesiapan kita menghadapi pelaksanaan kegiatan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Baik nanti itu pascaperayaan maupun awal," katanya.

Ia menuturkan jika secara dasar skema pengamanan yang akan dilaksanakan oleh pihaknya lebih meningkatkan kegiatan pendampingan dan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat sekitar secara intensif. Namun, kata dia, dalam pendampingan itu ada beberapa anjuran yang harus di patuhi, diantaranya seperti tidak adanya kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan masa atau memicu terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Yang jelas saat ini dihindari karena situasi sekarang masih dalam potensi penyebaran Covid-19. Kemudian tentunya kita imbau tidak melakukan kegiatan sahur on the road," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang dapat menyambut Ramadhan dengan selalu memperhatikan kedisiplinan protokol kesehatan Covid-19 serta terus mengutamakan kewaspadaan adanya potensi aksi kriminalitas. "Kami mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika ada kegiatan atau aksi yang mencurigakan supaya kita dapat mengantisipasi dengan sedini mungkin," kata Zain.

Berita Lainnya

Play Podcast X