7 Tips Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 23 Mar 2022 18:00 WIB

Ilustrasi Buka Puasa Bersama. 7 Tips Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik Foto: dok. Republika Ilustrasi Buka Puasa Bersama. 7 Tips Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik

Niat yang baik dalam berpuasa akan mendapatkan ganjaran besar selama Ramadhan.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan akan segera hadir kembali membawa banyak harapan bagi umat Muslim. Bulan istimewa yang ditunggu-tunggu orang yang beriman untuk mencari pengampunan dan keberkahan dari Allah SWT. 

Dalam sebuah hadits disebutkan:

Baca Juga

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”  (HR. Bukhari dan Muslim). 

Namun tentunya sebagai orang yang beriman, seorang Muslim akan berinstropeksi atas Ramadhan tahun sebelumnya yang sudah dilewati. Menilai capaian Ramadhan sebelumnya yang diharapkan bisa membuat lebih baik pada Ramadhan tahun ini. 

Sebenarnya ada beberapa langkah juga yang bisa dilakukan agar Ramadhan tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Beberapa tips berikut, seperti dilansir dari About Islam, dapat diaplikasikan agar mengoptimalkan upaya demi meraih tujuan Ramadhan. 

7 Tips Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik

Tetapkan niat

Seperti hadist yang disebutkan di atas, niat yang baik dalam berpuasa akan mendapatkan ganjaran besar selama Ramadhan. Sehingga langkah awal dalam memulai ibadah selama Ramadhan adalah menetapkan niat untuk beribadah kepada Allah SWT semaksimal mungkin. 

Jika sudah menetapkan niat, ibadah puasa, sholat, membaca Alquran, membantu berbuka puasa dan sebagainya, maka dengan izin Allah SWT, orang tersebut akan mendapat keridhaan-Nya. Bahkan tindakan yang paling biasa seperti merapikan tempat tidur dan mencuci piring bisa menjadi ibadah hanya dengan niat. 

Optimalkan waktu sahur

Sangat menyenangkan mengetahui banyak keluarga menjadikan ini tradisi, tetapi yang lain tidak. Jadi hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengatur alarm dan makan sesuatu untuk sahur. Rasulullah SAW bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Berita Lainnya

Play Podcast X