Kamis 24 Mar 2022 11:28 WIB

Sony Bakal Rilis PS5 Pro?

Saat ini, PS5 Pro hanyalah spekulasi dan rumor.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Playstation 5
Foto: valuewalk.com
Playstation 5

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Sony dirumorkan akan merilis PS5 Pro. Perilisan PS5 Pro kini tampaknya lebih dari sekadar rumor. Menurut laporan dari saluran YouTube RedGamingTech, PS5 Pro akan rilis pada akhir 2023 atau awal hingga pertengahan 2024.

Dalam laporan tersebut, pembawa acara saluran RedGamingTec Paul Eccleston mengklaim informasi dari sumbernya, PS5 Pro sedang dalam pengembangan dan memiliki sejumlah peningkatan performa. RedGamingTech mengatakan PS5 Pro mungkin menargetkan perilisan sekitar akhir 2023 atau sekitar 2024. Meskipun Sony belum mengonfirmasi rencana apa pun, waktu tiga hingga empat tahun akan menjadi prediksi yang kuat.

Baca Juga

Selain waktu rilis, laporan juga mengungkapkan beberapa peningkatan performa, seperti kecepatan dua kali lipat dalam mode standar di atas Vanilla PlayStation 5 dan 2,5 kali kecepatan ray-tracing aktif. Mode iterasi baru diketahui akan dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dengan PlayStation VR. Sementara itu PlayStation VR 2 telah dikonfirmasi hadir meskipun belum diketahui tanggalnya.

Seperti yang ditunjukkan oleh Eccleston sendiri, rumor bisa salah dan dalam industri teknologi dan game, proyek dan rencana dapat dibatalkan atau diubah.

Apa itu PS5 Pro?

Saat ini, PS5 Pro hanyalah spekulasi dan rumor karena tidak ada penerus PS5 yang benar-benar diumumkan secara resmi oleh Sony. Namun, jika ada peningkatan konsol mid-gen tidak akan menjadi kejutan terbesar. Sebab, PS4 Pro adalah peluncuran yang cukup sukses untuk Sony pada tahun 2016, tiga tahun setelah peluncuran PS4 dasar.

Dilansir TechRadar, Kamis (24/3/2022), awal bulan ini terdapat kumpulan catatan pengiriman internasional yang ditemukan oleh TweakTown. Ini memicu spekulasi tentang pengembangan PS5 Pro.

Catatan menunjukkan Sony Interactive Entertainment, cabang Sony yang menangani PlayStation, telah mengirimkan ribuan kotak kit pengembangan ke AS selama beberapa bulan terakhir. Sebagian besar pengiriman berasal dari Jepang dan Korea. Sementara daftar lain menunjukkan Sony mengekspor pengiriman berlabel konsol video game prototype dari Inggris ke AS November lalu.

Kata prototipe menyebabkan kehebohan karena menimbulkan beberapa spekulasi bahwa item misterius itu mungkin merupakan iterasi baru di PS5.

Walaupun ada peluang kuat Sony dapat merilis PS5 Slim atau PS5 Pro di beberapa titik di masa mendatang, dengan keputusannya untuk merilis dua peningkatan konsol generasi menengah PS4 yang terbukti berhasil, kekurangan saat ini membuatnya terasa tidak mungkin. Sony akan terlihat terburu-buru dalam melakukan apa saja. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menunggu konfirmasi resmi dari Sony.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement