Kamis 24 Mar 2022 21:30 WIB

Uni Eropa: Rusia tak Berminat Rundingkan Gencata Senjata

Uni Eropa mengatakan saat ini, Rusia tidak mau duduk dan merundingkan apa pun

Red: Esthi Maharani
 Josep Borell, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Pemerintah Rusia tidak berminat untuk merundingkan gencatan senjata di Ukraina
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Josep Borell, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Pemerintah Rusia tidak berminat untuk merundingkan gencatan senjata di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pemerintah Rusia tidak berminat untuk merundingkan gencatan senjata di Ukraina saat ini lantaran pasukan mereka gagal memenuhi tujuan militernya, kata diplomat senior Uni Eropa Josep Borell, Kamis (24/3/2022).

"Saat ini, Rusia tidak mau duduk dan merundingkan apa pun: yang mereka inginkan adalah menguasai medan," kata Borrell saat wawancara dengan saluran TVE Spanyol.

"Rusia ingin mengepung pantai sampai perbatasandengan Moldova dan mengisolasi Ukraina dari lautan. Rusia hanya ingin serius berunding ketika mereka telah mengamankan posisi yang kuat," katanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin menerjunkan pasukannya ke Ukraina lewat "operasi militer khusus" untuk melucuti militer Ukraina dan melenyapkan pengaruh Nazi di negara itu. Ukraina dan Barat mengatakan Putin meluncurkan perang agresi yang tak berdasar. Uni Eropa beserta sekutunya akan tetap mengirim bantuan militer kepada pasukan Ukraina, kata Borrell.

"Ini sangat penting sebab segala sesuatunya akan diputuskan dalam 15 hari ke depan. Apa yang bakal menjadi sejarah adalah kemampuan Ukraina untuk melawan," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى الْاَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًاۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـًٔاۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh, akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh, Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apa pun. Tetapi barangsiapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

(QS. An-Nur ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement