Jumat 25 Mar 2022 20:42 WIB

Kalahkan Persiraja, PSM Makassar Lolos Zona Degradasi

Gol semata wayang PSM dicetak oleh penyerang Ferdinand Sinaga

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Pesepak bola Persija Jakarta Novri Setiawan (kanan) dihadang pesepak bola PSM Makassar Dallen Doke (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (21/3/2022). Persija Jakarta mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-1.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pesepak bola Persija Jakarta Novri Setiawan (kanan) dihadang pesepak bola PSM Makassar Dallen Doke (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (21/3/2022). Persija Jakarta mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- PSM Makassar sukses mengamankan tiga angka usai mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor tipis 1-0 pada lanjutan pekan ke-33 Liga 1 Indonesia, yang berlangsung di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (25/3) malam WIB.

Gol semata wayang Juku Eja dicetak oleh penyerang Ferdinand Sinaga pada menit ke-41. Hasil itu sekaligus membuat PSM mengoleksi angka 38 dari delapan menang, 14 imbang dan 11 seri.

Selain itu, kemenangan ini terasa spesial mengingat PSM Makassar menjauh dari zona degradasi dan tak bisa dikejar oleh Persipura yang menghuni batas atas degradasi.

Sedangkan bagi Persiraja Banda Aceh hasil ini merupakan kekalahan ke-18 mereka dalam 33 penampilan. Tim berjuluk Laskar Rencong menjadi juru kunci di peringkat ke-18 dan dipastikan lengser ke Liga 2 pada kampanye tahun depan.

Pada awal babak pertama, Persiraja mampu mengancam gawang PSM lewat tendangan spekulasi Akhirul Wadhan dari luar kotak penalti. Tendangan Akhirul nyaris membuahkan gol untuk Laskar Rencong, namun dapat digagalkan kiper PSM, Syaiful.

Tak berselang lama, giliran PSM merespon dengan tembakan keras Yakob Sayuri. Beruntung bagi Persiraja, tembakan pemain timnas Indonesia itu masih membentur tiang atas gawang.

Meski terus-terusan ditekan, tembok pertahanan Persiraja belum mampu dijebol para penyerang Juku Eja.

Lima menit jelang turun minum, Persiraja mampu menggetarkan jala PSM lewat tandukan Assanur Rijal. Sayangnya wasit menganulir gol Rijal karena dianggap sudah berada di posisi offside.

Semenit berselang, PSM Makassar justru berhasil memecah kebuntuan berkat gol indah Ferdinand Sinaga. Ferdinand Sinaga melepaskan tendangan chip dari luar kotak penalti yang menukik ke pojok gawang. Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit turun minum.

Memasuki interval kedua intensitas permainan mulai meninggi hingga tak jarang melahirkan pelanggaran untuk kedua tim.

Kombinasi Ferdinand Sinaga dan Yakob Sayuri terus menggempur pertahanan Persiraja.

Akan tetapi, serangan para pemain PSM masih belum mampu mengancam gawang Aji Bayu Putra.

Di kubu lawan, Persiraja terus berupaya mencetak gol balasan meski anak asuh Sergio Alexandre tersebut cukup kesulitan menembus pertahanan Juku Eja. PSM Makassar mampu mempertahankan skor 1-0 hingga babak kedua berakhir.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement