Senin 28 Mar 2022 13:42 WIB

BRI Dorong Perfilman Anak di Indonesia

BRI merupakan sponsor utama Liga 1 sepakbola nasional atas kegiatan Gala Premier

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Gala premier film penuh pesan moral bertema sosial dan sepakbola, Rio The Survivor digelar di Studio XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Sabtu (26/3/2022).
Foto: Youtube
Gala premier film penuh pesan moral bertema sosial dan sepakbola, Rio The Survivor digelar di Studio XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gala premier film penuh pesan moral bertema sosial dan sepakbola, Rio The Survivor digelar di Studio XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Sabtu (26/3/2022). Film yang mengisahkan tentang perjalanan seorang anak dengan HIV untuk mendapatkan hak hidup dan pendidikan demi mengejar cita-cita mendapat respon luar biasa karena telah meraih 24 penghargaan dari berbagai Festival Film Internasional di berbagai negara Eropa, Asia, Amerika, hingga Afrika.

Menurut Yudie Oktav, produser yang juga merangkap sutradara film tersebut, Rio The Survivor sangat layak menjadi tontonan yang membanggakan Indonesia karena terinspirasi dari kisah nyata tentang perjalanan hidup anak berusia 11 tahun yang mengidap HIV sejak lahir karena tertular orang tuanya. Rio hidup dengan neneknya karena orang tuanya meninggal dunia.

Baca Juga

"Di tengah kehebohan yang merusak masyarakat mengenai konten, program, dan traffic medsos yang tidak mendidik, film ini bisa menjadi inspirasi bahwa banyak anak-anak pengidap HIV di luar sana yang berjuang untuk mendapat perlakuan setara untuk belajar, mengejar mimpi, dan bertahan hidup. Atas dasar itulah, saya memberanikan diri menuangkan dalam film dan berharap hal ini bisa membuka mata kita semua," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (28/3/2022).

Rio the Survivor menampilkan jajaran pemain, yaitu Raditya Evandra, Sri Widayati, Akinza Chevalier, Kiyosaki M, Abdqori Narendra Afandi, Brydden Fablo Escobar, dan mantan pemain timnas sepakbola, Bambang Pamungkas itu juga mengusung tema sepakbola. Karena dalam kehidupan nyata, Rio merupakan pemain andalan tim sepakbola sekolahnya dan menyukai pantomim sebagai hobi. Dia bahkan telah memenangkan penghargaan di beberapa kompetisi pantomim anak-anak.

"Itulah sebab mengapa Bambang Pamungkas ikut bermain film ini. Selain, Bepe merupakan idolanya, sehari-hari hidup Rio selalu diisi dengan sepakbola sebagai olahraga favoritnya. Kami berterima kasih atas dukungan BRI, yang merupakan sponsor utama Liga 1 sepakbola nasional atas kegiatan Gala Premier,” ucapnya.

Film yang telah memenangkan 19 penghargaan, sementara lima lainnya masuk nominasi ini akan diputar serentak di seluruh bioskop di Indonesia mulai 31 Maret mendatang. Film yang berkolaborasi dengan Syair.org, organisasi yang memberikan pembinaan bagi anak-anak dengan HIV ini juga mengusung vokalis band rock Indonesia /rif, Andi, yang membuat lagu Malaikat Kecil bersama bandnya sebagai soundtrack film.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement