Senin 28 Mar 2022 15:18 WIB

Encanto Menang Oscar, Sutradara: Terima Kasih Kolombia

Kisah Encanto terinspirasi dari pesona Kolombia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Poster film Encanto. Film animasi Disney ini menjadi film keluarga paling laris di era pandemi. Encanto memenangkan Oscar untuk Film Fitur Animasi Terbaik.
Foto: Disney
Poster film Encanto. Film animasi Disney ini menjadi film keluarga paling laris di era pandemi. Encanto memenangkan Oscar untuk Film Fitur Animasi Terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Encanto besutan Disney memenangkan piala Oscar 2022 kategori Film Fitur Animasi Terbaik. Pencapaian itu diumumkan di puncak acara Academy Awards ke-94 yang berlangsung di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (27/3/2022).

Encanto berhasil mengalahkan peraih nominasi lain, yakni Flee, Luca, The Mitchells vs the Machines, dan Raya and the Last Dragon. Daya tarik Encanto adalah representasi keberagaman di Kolombia.

Baca Juga

Para sineas yang terlibat dalam film Encanto memang menghadirkan karakter yang terinspirasi dari pesona Kolombia. Keluarga Madrigal dalam cerita dikisahkan tinggal di rumah ajaib di pegunungan Kolombia.

Encanto menjadi film keluarga paling laris di era pandemi. Dalam pidato penerimaan penghargaan, produser Yvett Merino menyatakan bangga menjadi bagian dari film dengan karakter yang indah dan beragam. "Orang-orang melihat diri mereka dalam film ini," ungkap Merino.

Duo sutradara Jared Bush dan Byron Howard mengarahkan Encanto. Dalam pidatonya, Bush menyampaikan ucapan khusus untuk Kolombia.

"Kami harus berterima kasih untuk seluruh negeri Kolombia serta pemeran kami yang luar biasa. Ini adalah film tentang keluarga dan kami tidak akan berada di sini tanpa keluarga kami," ucapnya.

Awal tahun ini, Encanto juga memenangkan kategori Film Animasi Terbaik di ajang Golden Globes. Daya tarik lain dari sinema animasi tersebut adalah musiknya. Lagu tema Encanto telah memikat penggemar musik.

Beberapa lagu di antaranya punya popularitas yang melesat setelah perilisan film. Deretan judulnya ialah "We Don't Talk About Bruno", "The Family Madrigal", "Surface Pressure", serta "What Else Can I Do?".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement