Vaksinasi Anak Dosis Dua di Cirebon Ditarget Rampung Sebelum Ramadhan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 28 Mar 2022 14:50 WIB

Pelaksanaan percepatan vaksinasi booster yang digelar BIN Daerah Jawa Tengah di Kota Salatiga, Ahad (27/3). BIN Daerah Jawa Tengah kembali menggelar percepatan vaksinasi booster secara door to door kali ini dengan sasaran anak usia 6 - 11 tahun di tujuh kabupaten/ kota. Foto: dok. Istimewa Pelaksanaan percepatan vaksinasi booster yang digelar BIN Daerah Jawa Tengah di Kota Salatiga, Ahad (27/3). BIN Daerah Jawa Tengah kembali menggelar percepatan vaksinasi booster secara door to door kali ini dengan sasaran anak usia 6 - 11 tahun di tujuh kabupaten/ kota.

Vaksinasi anak dosis kedua di Kota Cirebon sudah mencapai 90 persen.

 

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON – Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun dosis kedua di Kota Cirebon sudah mencapai 90 persen. Sebelum Ramadhan, target vaksinasi anak dosis kedua ditargetkan telah selesai.

‘’Tersisa sepuluh persen, kita kejar hingga 100 persen,’’ ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Kadini, Senin (28/3).

Baca Juga

Kadini menjelaskan, dari sisa sepuluh persen tersebut, data terbanyak anak yang belum divaksin ada di Kecamatan Harjamukti. Di kecamatan tersebut, ada wilayah Argasunya dan Kalijaga, yang dibutuhkan metode dan pendekatan tersendiri, agar anak-anak mereka mau untuk divaksin.

Namun, Kadini mengaku optimis vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun dosis kedua bisa tercapai 100 persen sebelum bulan puasa tiba.

Kadini mengakui, dibandingkan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun dosis  pertama, untuk vaksinasi dosis kedua memang sempat terhambat. Hambatan itu berupa penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Kota Cirebon.

Penerapan PPKM level 4 membuat anak-anak kembali melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Akibatnya, vaksinasi Covid-19 tidak bisa digelar di sekolah-sekolah seperti halnya saat dosis pertama.

Sementara itu, berdasarkan data dari covid19.cirebonkota.go.id., capaian vaksinasi pertama di Kota Cirebon sudah mencapai 123,14 persen atau sebanyak 322.860 orang dan vaksinasi kedua sebanyak 97,28 persen atau sebanyak 255.070 orang. Sedangkan untuk vaksinasi ketiga atau booster, capaiannya 17,66 persen atau sebanyak 46.308 orang. 

 

Berita Lainnya

Play Podcast X