Senin 28 Mar 2022 22:35 WIB

Menang Dramatis, Hangtuah Tim Terakhir Lolos Playoff IBL 2022

Amartha Hangtuah mengalahkan Prawira Bandung 83-82 lewat overtime..

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
...
Foto: IBL/Hari Purwanto
Para pemain dan ofisial Amartha Hangtuah meluapkan kegembiraan lolos ke playoff IBL 2022 setelah mengalahkan Prawira Bandung 83-82 lewat babak overtime di Hall Basket Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teka-teki siapa tim kedelapan yang akan lolos ke babak playoff IBL 2022 terjawab sudah. Amartha Hangtuah menjadi tim kedelapan yang lolos. Kepastian ini di dapat setelah tim asuhan AF Rinaldo memenangkan laga dramatis 83-82 atas Prawira Bandung di Hall Basket Senayan, Jakarta Senin (28/3/2022).

Kedua tim bermain imbang 72-72 pada empat kuarter hingga digelar babak overtime. Perolehan angka dan tipis. Hingga 40 detik jelang laga berakhir, Hangtuah unggul tipis 81-80 lewat dua tembakan bebas Laquavis Cotton. Namun pemain asing Prawira Taj Spencer membalas lewat jump shot saat waktu tersisa 20 detik, plus satu tembakan bebas karena dia dilanggar Cotton. Namun tembakan ini gagal dilesakkan.

Baca Juga

Setelahnya, Hangtuah meminta time out dengan 8 detik tersisa. Pelatih Hangtuah AF Rinaldo memasukkan 

Stefan Carsera untuk eksekutor akhir. Pemain yang akrab disapa Fafa ini melakukan terobosan ke bawah ring dan melepaskan tembakan. Bola bergulir di ring, yang dituntaskan Cotton dengan tip-in sesaat sebelum waktu overtime berakhir. Hangtuah berbalik unggul 83-82. Prawira tak punya waktu lagi untuk menyerang.

Dengan kemenangan ini Hangtuah kini mengoleksi nilai 32. Bumi Borneo yang sebelum laga Hangtuah masih punya peluang kalau Fafa dkk kalah. Namun dengan kemenangan Hangtuah, peluang Bumi Borneo praktis tertutup. Sebab angka maksimal yang mungkin diraih Bumi Borneo hanya 32. Secara head to head, Bumi Borneo kalah dari Hangtuah.

Tujuh tim lainnya yang memastikan lolos adalah Pelita Jaya, Satria Muda, Prawira, NSH, Dewa United, West Bandits dan RANS PIK Basketball.

Cotton mencetak double-double untuk Hangtuah 27 poin dan 18 rebound, Kelly Purwanto dan Stevan Neno menyumbang 12 poin dan Fafa 10 poin. Di kubu Prawira, Taj Spencer 28 poin dan 19 rebound, sementara Abraham Damar Grahita 17 poin. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement