Selasa 29 Mar 2022 16:58 WIB

Rambutnya Rontok Akibat Alopecia, Jada Pinkett Smith Pilih Gundul Sekalian

Istri Will Smith, Jada Pinkett Smith, merupakan pengidap alopecia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Jada Pinkett Smith mengidap alopecia. Setelah rambutnya rontok akibat penyakit autoimun itu, ia menggunduli kepalanya.
Foto: EPA
Aktris Jada Pinkett Smith mengidap alopecia. Setelah rambutnya rontok akibat penyakit autoimun itu, ia menggunduli kepalanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Jada Pinkett Smith dengan kepala gundulnya menjadi bahan candaan presenter Oscar 2022, Chris Rock, pada Ahad (27/3/2022). Padahal, kondisi itu dialaminya akibat alopecia, terkait autoimun.

Dalam alopecia, sistem kekebalan menyerang folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Rock menyebut istri aktor Will Smith itu akan main di G.I Jane 2, mengacu pada film rilisan 1997, G.I Jane, yang menampilkan Demi Moore dengan rambut gundul.

Baca Juga

Setelah mengalami alopecia, Jada menggunduli rambutnya pada tahun lalu. Tidak ada obat untuk alopecia. Orang-orang dengan kondisi ini mungkin mengalami kerontokan rambut, tetapi juga dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya.

Bagi kebanyakan orang dengan alopecia, tidak ada gejala lain selain rambut rontok. Tambalan biasanya bulat, kira-kira seukuran seperempat. Beberapa orang mengalami kerontokan rambut yang datang dan pergi sepanjang hidup mereka, sementara sebagian lain rambutnya tidak pernah tumbuh lagi.

Ada tiga jenis utama alopecia:

1. Patchy alopecia areata

Ini adalah jenis alopecia yang paling umum dan menyebabkan kerontokan rambut pada satu atau lebih bercak seukuran koin di kulit kepala atau bagian tubuh lainnya.

2. Alopecia totalis

Jenis ini melibatkan hilangnya semua atau hampir semua rambut di kulit kepala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement