Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Blogger

Khasiat Kesehatan Daun kelor Menurut Sains

Info Terkini | Tuesday, 29 Mar 2022, 11:33 WIB

Daun kelor di Indonesia itu terkadang ya dibuat sayur aja. Di kampung saya, Daun kelor biasa dimasak dengan santan dan dijadikan makanan favorite di musim timur.

Sejak kecil saya sudah terbiasa dengan sayur kelor. Seiring berjalannya waktu, ternyata saya menemukan artikel yang membahas khasiat kesehatan yang ada dalam daun kelor.

Untuk itu ada beberapa poin penting yang akan saya bahas terkait topik khasiat daun kelor.

Perlu diketahui bahwa Daun Kelor dalam bahasa lain sering disebut dengan Moringa oleifera.

Secara sains, Tanaman Moringa Oleifera ini sudah diminati banyak orang sejak ribuan tahun lamanya. Diyakini, daun kelor memiliki banyak sekali kandungan antioksidan dan senyawa yang disebut tanaman bioaktif.

Berikut manfaat daun kelor berdasarkan penelitian ilmiah:

1. Moringa oleifera banyak Mengandung Nutrisi

Moringa oleifera adalah pohon yang cukup besar asli India Utara.

Ini berjalan dengan berbagai nama, seperti pohon stik drum, pohon lobak atau pohon minyak ben. Di India Utara, hampir semua pohon dimakan dan dijadikan obat-obatan herbal tradisional.

Secara nutrisi, daun kelor banyak vitamin, mineral dan protein. Dalam secangkir ekstrak daun Kelor mengandung :

Protein: 2 gram
Vitamin B6: 19% dari RDA
Vitamin C: 12% dari RDA
Besi: 11% dari RDA
Riboflavin (B2): 11% dari RDA
Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari RDA
Magnesium: 8% dari RDA

Nah, di negara-negara Barat, daun kering seperti daun kelor dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk atau kapsul. Daun kelor kaya akan banyak nutrisi penting, termasuk protein, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan zat besi.

2. Moringa oleifera Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh kamu.

Radikal bebas tingkat tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2 (5, 6).

Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan di daun kelor. Selain vitamin C dan beta-karoten. Selain itu daun kelor memiliki Quercetin, yakni Antioksidan yang kuat untuk membantu menurunkan tekanan darah

Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan bahkan bisa dipakai untuk mengawetkan daging karena berfungsi untuk mengurangi oksidasi.

Jadi, Moringa oleifera kaya akan berbagai antioksidan, termasuk quercetin dan asam klorogenat. Bubuk dari daun kelor dapat meningkatkan kadar antioksidan darah.

3. Moringa Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Padahal, itu adalah ciri utama diabetes.

Seiring waktu, kadar gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga gula darah dalam batas yang kesehatan normal.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Moringa oleifera dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya ada sedikit penelitian berbasis manusia, dan umumnya berkualitas rendah.

Satu studi pada 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah rata-rata 13,5%.

Studi kecil lainnya pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%.

Para ilmuwan percaya efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanates.

Singkatnya, daun kelor dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum rekomendasi yang tepat bisa dijadikan acuan.

4. Moringa oleifera Dapat Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.

Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Untuk masalah kanker, juga memahami manfaat daun

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanates adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam daun, polong, dan biji kelor. Untuk keterangan daun kelor untuk penyakit asam urat, silakan baca testimoni Mosehat untuk Asam Urat dan Rematik.

Namun sejauh ini, penelitian tentang daun kelor masih terbatas pada penelitian tabung dan uji coba pada hewan. Masih harus dilihat apakah benar Moringa oleifera memiliki efek anti-inflamasi yang serupa pada manusia.

5. Moringa Dapat Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Untungnya, banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond.

Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

Demikian ulasan saya tentang Khasiat Daun Kelor. Semoga bisa bermanfaat.

Referensi :
https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera

https://www.seribupena.com/2022/03/testimoni-mosehat-bagi-keluarga.html

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image