Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

3 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Akankah Will Smith Kehilangan Piala Oscar Setelah Menampar Chris Rock?

Selasa 29 Mar 2022 12:10 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

 Will Smith (kanan) memukul presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik di Oscar pada Ahad 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles.

Will Smith (kanan) memukul presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik di Oscar pada Ahad 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles.

Foto: AP/Chris Pizzello
Will Smith memenangkan piala pertamanya sebagai aktor terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Setelah menampar Chris Rock saat berlangsungnya ajang Oscar 2022, Will Smith memenangkan piala pertamanya sebagai aktor terbaik. Namun, akankah dia kehilangan piala karena insiden yang terjadi?

Smith mendapat piala Oscar sebagai aktor terbaik berkat perannya dalam film King Richard. Sebelum ini, dia dua kali mendapat nominasi aktor terbaik, masing-masing untuk peran di film Ali dan The Pursuit of Happyness.

Baca Juga

Momen itu agak ternoda oleh ledakan emosi sang aktor. Emosi Smith dipicu lelucon dari komedian Chris Rock yang naik panggung untuk mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik.

Rock membuat beberapa lelucon dengan subjek bintang-bintang yang hadir, termasuk Jada Pinkett, istri Smith. Lelucon soal kepala botak Jada Pinkett (yang mengidap kondisi medis alopecia) membuat Smith panas.

Tanpa pikir panjang, Smith menampar Chris Rock secara langsung di atas panggung. Momen dramatis itu merupakan salah satu kejutan terbesar Oscar 2022, ditambah dengan teriakan Smith untuk tidak menyinggung istrinya.

Saat menerima penghargaan aktor terbaik, Smith membuat permintaan maaf secara terbuka. Dia meminta maaf kepada penyelenggara Academy Awards dan sesama nominator, namun tidak ada permintaan maaf untuk Rock.

Reaksi terhadap insiden itu terbagi. Ada yang mendukung Smith, tapi sebagian berpendapat tindakan kekerasan itu berlebihan. Sebagian lain memuji Rock karena bersikap profesional dan tidak memperkeruh suasana.

Akademi sudah membuat pernyataan bahwa mereka menolak segala bentuk kekerasan, namun belum ada pengumuman apa pun mengenai "dampak khusus" untuk Smith. Ada spekulasi bahwa Academy akan membatalkan penghargaan Oscar Smith.

Menurut laporan baru, Smith mungkin tidak kehilangan piala, namun diskors sementara dari Academy. Sebuah tinjauan formal sekarang sedang dilakukan. Setelah tinjauan itu selesai, Akademi akan menyampaikan hasilnya.

Bagaimanapun, tindakan selanjutnya dianggap perlu dilakukan supaya hal serupa tidak terulang di ajang Oscar berikutnya. Keputusan akan dibuat sepenuhnya atas kebijaksanaan Akademi.

Pada 2017, Akademi merilis kode etik yang dirancang khusus setelah adanya tuduhan pelanggaran seksual. Kode etik itu dihadirkan guna membuat anggotanya memiliki standar perilaku yang sesuai.

Dari perspektif tersebut, Smith bisa dibilang melanggar kode etik tersebut. Akan tetapi, tanggapan emosionalnya terhadap lelucon yang meremehkan kondisi medis istrinya telah dibela oleh banyak orang.

Mengambil piala Oscar dari Smith dengan alasan itu akan sulit dibenarkan, terlebih dia sudah meminta maaf dengan berlinang air mata. Karena Rock menolak untuk mengajukan laporan polisi, kecil kemungkinan Smith akan menghadapi konsekuensi hukum.

Academy belum pernah mengambil kembali Oscar dari pemenang walaupun terlibat skandal. Sebagai contoh, aktor Kevin Spacey masih memiliki dua piala Oscar miliknya setelah tuduhan pelanggaran seksualnya terungkap, dikutip dari laman Screen Rant, Selasa (29/3/2022).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile