Rabu 30 Mar 2022 13:30 WIB

Maskapai Kelas Atas Dunia Berencana Ubah Rute untuk Hindari Langit Rusia

Perubahan rute ini membuat waktu tempuh penerbangan menjadi lebih panjang.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi penerbangan
Ilustrasi penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Cathay Pacific Airways Ltd berencana mengubah rute layanan New York - Hong Kong untuk menghindari wilayah udara Rusia, seperti dilansir dari Bloomberg, Rabu (30/3/2022). Itu akan menjadi penerbangan penumpang komersial terpanjang di dunia berdasarkan jarak.

Maskapai ini berencana terbang dari Bandara Internasional John F Kennedy melintasi Samudra Atlantik, Inggris, Eropa selatan, dan Asia tengah, menurut memo kepada staf penerbangan Cathay yang dilihat oleh Bloomberg News.

Jarak 16.618 kilometer (10.326 mil) akan melampaui layanan Singapore Airlines Ltd. di New York, yang memakan waktu sekitar 17 setengah jam untuk menempuh 15.349 kilometer, data FlightRadar24 menunjukkan. Penerbangan baru Cathay akan memakan waktu sekitar 17 jam.

Seorang juru bicara Cathay mengatakan A350-1000 Airbus SE mampu mengoperasikan rute, yang biasanya akan terbang di atas Kutub Utara dan melalui wilayah udara Rusia. Banyak maskapai Asia menghindari Rusia karena konflik di Ukraina.

"Kami selalu menjalankan perutean darurat untuk peristiwa atau skenario potensial," kata juru bicara itu.

“Opsi Trans Atlantik bergantung pada fasilitasi angin kencang musiman yang kuat pada saat ini sepanjang tahun agar waktu penerbangan antara 16 dan 17 jam, sehingga membuatnya lebih menguntungkan daripada rute Transpacific," katanya menambahkan.

Cathay sedang mencari izin penerbangan untuk mengoperasikan layanan tersebut, yang dikatakan normal untuk rute baru. Sebelum pandemi, yang sangat mengurangi jadwalnya, maskapai ini mengoperasikan hingga tiga perjalanan pulang pergi antara Hong Kong dan JFK setiap hari.

Penerbangan terbaru Cathay New York-Hong Kong berhenti di Los Angeles sebelum melanjutkan melintasi Pasifik dan masuk ke pusat keuangan Asia tanpa memasuki wilayah udara Rusia. Rute baru yang diperpanjang akan menghilangkan kebutuhan akan persinggahan, membuatnya lebih hemat biaya dan kompetitif.

Beberapa maskapai telah merencanakan rute untuk menghindari Rusia, sebagian besar antara Asia dan Eropa. Japan Airlines Co Ltd mengubah rute layanannya dari bandara Haneda Tokyo ke Heathrow London melalui Alaska dan Kanada daripada terbang di atas Siberia. Itu menambahkan empat setengah jam ke perjalanan 11 jam 55 menit.

Perubahan penerbangan semacam itu kemungkinan hanya bersifat sementara mengingat biaya yang dihadapi operator dari harga minyak yang tinggi, serta ketidakpastian atas aksesibilitas wilayah udara Rusia.

Perjalanan 20 jam Qantas Airways Ltd yang menghubungkan Sydney dengan London dan New York menggunakan jet berbadan lebar Airbus jarak jauh masih direncanakan setelah pandemi menunda peluncurannya. Maskapai ini melakukan uji coba layanan Project Sunrise pada 2019, menerbangkan New York ke Sydney dengan 40 penumpang.

Air New Zealand Ltd pekan lalu meluncurkan layanan ultra-panjang baru dari Auckland ke New York JFK, sementara Qantas mengumumkan rute Melbourne-Dallas pada hari Senin, yang keduanya akan dimulai akhir tahun ini. Penerbangan Qatar Airways QCSC dan Emirates Airline ke Auckland termasuk di antara yang terpanjang di dunia hingga ditangguhkan karena Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement