Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

 

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA
...

Pertanda Akhir Generasi Emas Cile

Rabu 30 Mar 2022 11:48 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain timnas Cile.

Para pemain timnas Cile.

Foto: EPA-EFE/Paulo Whitaker
Generasi emas timnas Cile akan berakhir mengingat usia yang sudah menua.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Cile harus menerima kenyataan pahit dengan hanya menjadi penonton Piala Dunia 2022 Qatar. La Roja gagal berpartisipasi setelah menelan kekalahan 0-2 dari tim tamu Uruguay pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol di Stadion San Carlos de Apoquindo, Santiago, Rabu (30/3) pagi WIB.

 

Gol Luis Suarez pada menit ke-79 dan Federico Valverde di menit ke-90 membuat publik Cile senyap. Sebelum pertandingan, Cile sejatinya masih memiliki peluang untuk mendapatkan tiket Piala Dunia melalui babak play-off. Pasalnya, Alexis Sanchez dkk menempati posisi ketujuh klasemen. La Roja hanya selisih dua poin dari tim peringkat kelima, Peru.

Baca Juga

Cile habis-habisan di laga tersebut dengan menurunkan komposisi pemain terbaiknya. Beberapa di antaranya menjadi andalan klubnya masing-masing. Arturo Vidal dipasang oleh pelatih Martin Lasarte di lini tengah. Di depan, Cile menggunakan penyerang Inter Milan, Alexis Sanchez.

Tetapi keberadaan para bintang itu tak mampu membawa Cile membuka peluang lolos ke Piala Dunia. Satu tiket babak play-off dimiliki oleh Peru yang menang 2-0 atas Paraguay di laga terakhir. Dengan demikian, pesta sepak bola terbesar sejagad tahun ini akan tanpa dua bintang Cile, yakni Arturo Vidal dan Alexis Sanchez, sekaligus melengkapi absennya bintang-bintang dari Italia.

Hasil ini merupakan ketidakikutsertaan Cile pada Piala Dunia untuk kedua kalinya berturut-turut dan kemungkinan menandai akhir jalan bagi ‘generasi emas’ timnas Cile. Pemain elite seperti Sanchez, Vidal, dan Claudio Bravo membantu Cile menjuarai Copa Amerika 2015 dan 2016.

Di klasemen akhir, Cile menempati posisi ketujuh dari 10 tim di grup kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol. La Roja hanya mencatatkan lima kemenangan dari 18 pertandingan di antaranya kalah pertama kalinya dari Venezuela dan ditahan imbang di kandang oleh Bolivia yang terakhir kali tampil di Piala Dunia pada 1994.

Kegagalan Cile tampil di Piala Dunia 2022 Qatar dinilai sebagai kegagalan besar oleh kapten tim, Gary Medel. Medel menyatakan tak akan pensiun. Ia mengeklaim pemain yang lebih banyak berpengalaman di tim tersebut layak disalahkan. Bisa jadi tak lama lagi generasi emas Cile akan berakhir mengingat usia yang sudah menua.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile