Pemkot Medan Gelar Pasar Murah di 151 Titik Selama Ramadhan

Red: Qommarria Rostanti

Rabu 30 Mar 2022 23:00 WIB

Pasar murah. (ilustrasi) Foto: ANTARA/Irwansyah Putra Pasar murah. (ilustrasi)

 

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Wali Kota Medan, Sumatra Utara, Bobby Nasution; telah menggelar pasar murah di 151 titik menjelang dan selama bulan suci Ramadhan tahun ini. Pasar murah tahun ini dilakukan menjelang bulan puasa Ramadhan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, yakni mulai Selasa (29/3) hingga Rabu (27/4).

Baca Juga

"Kami berharap kehadiran pasar murah 30 hari ini bisa membantu warga kurang mampu finansial memenuhi kebutuhan hariannya," ujar Asisten Ekbang Setda Kota Medan, Khairul Syahnan di Medan, Rabu (30/3/2022).

Lazimnya saat momen hari besar keagamaan, maka sejumlah harga bahan pokok kian meroket dan harus diantisipasi Pemkot Medan agar tidak terjadi gejolak di masyarakat."Artinya kehadiran pasar murah ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, selain upaya kita untuk menekan laju inflasi," kata Khairul.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan, Damikrot, menjelaskan pasar ini akan menjual kebutuhan pokok berupa beras, gula pasir, telur, minyak goreng, tepung terigu, mentega, sirup dan kacang tanah. Adapun harga kebutuhan pokok pasar murah digelar Pemkot Medan, d antaranya beras IR-64 Rp 8.300/kg, gula pasir Rp 11.500/kg, telur Rp 1.000/butir, minyak goreng Rp 21.750/liter, dan tepung terigu Rp 8.600/kg.

"Untuk lokasi pasar murah ini, kita prioritaskan di daerah mayoritas kelompok pra sejahtera dan beragama muslim. Selain itu, lokasi juga jauh dari pasar," ujarnya.