Kamis 31 Mar 2022 01:42 WIB

Tol Yogyakarta-Bawen Diharapkan Membawa Kesejahteraan Masyarakat

Tol akan memperlancar transportasi barang, logistik, maupun penumpang.

Red: Ilham Tirta
Ilustrasi Pekerja menggunakan alat berat mengeruk tanah saat pembangunan jalan tol.
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi Pekerja menggunakan alat berat mengeruk tanah saat pembangunan jalan tol.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pembangunan konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen resmi dimulai yang ditandai dengan peletakan batu pertama di Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (30/3/2022). Sekretaris Daerah DIY, R Kadarmanta Baskara Aji berharap tol penghubung DIY, Jawa Tengah, dan daerah sekitarnya di Pulau Jawa akan memperlancar transportasi barang, logistik, maupun penumpang.

"Kami berharap, jalan tol ini juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat, karena dengan adanya jalan tol akan lebih mudah, cepat dan efisien," ujar Aji.

Baca Juga

Melalui jalan tol tersebut, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dapat dimanfaatkan secara optimal. "Destinasi wisata di DIY juga dapat dikunjungi dengan mudah oleh masyarakat," kata dia.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengakui pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki tantangan yang cukup tinggi. Pihaknya harus tetap harus menjaga kawasan cagar budaya, kelestarian lingkungan, melewati trase yang melewati potensi gempa, sungai lahar dingin, hingga wilayah mata air yang harus dijaga.

"Dalam membangun jalan tol ini kita harus cepat, tapi juga tetap harus menjaga kualitas, mutu, memastikan keselamatan konstruksi hingga menggunakan produk-produk dalam negeri," kata dia.

Ia meyakini pembangunan jalan tol itu dapat meningkatkan peran Kota Yogyakarta sebagai pusat perkembangan ekonomi di Jawa bagian Selatan. Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,82 km dengan periode konsesi selama 40 tahun dan nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun. Jalan tol ini akan melintasi Provinsi Jawa Tengah sepanjang 68,17 km dan DIY sepanjang 7,65 km.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement