Jatim Ekspor Perdana Pupuk Bat Guano ke Australia

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Jatim Ekspor Perdana Pupuk Bat Guano ke Australia (ilustrasi).
Jatim Ekspor Perdana Pupuk Bat Guano ke Australia (ilustrasi). | Foto: Tim infografis Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Karantina Pertanian Surabaya untuk pertama kalinya memfasilitasi sertifikasi ekspor pupuk asal kotoran kelalawar atau bat guano dengan tujuan Australia. Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih menjelaskan, sebanyak 129,76 ton pupuk guano dengan nilai ekspor Rp 838 juta dinyatakan sehat dan aman untuk diekspor melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Cicik melanjutkan, berdasarkan data lalu lintas komoditas pertanian IQFAST di wilayah kerjanya, tercatat ada 20 ton pupuk guano yang diekspor ke Amerika Serikat pada 2021. "Untuk tujuan Australia, ini merupakan ekspor perdana dari Jawa Timur di 2022," ujarnya, Kamis (30/3/2022).

Cicik menjabarkan, sepanjang Januari hingga Maret 2022, volume ekspor pupuk guano meningkat menjadi 152,76 ton. Negara tujuannya juga bertambah, yakni Amerika Serikat dan Australia. Menurutnya, hal ini merupakan komitmen Karantina Pertanian Surabaya dalam mendukung program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks).

Dokter hewan Karantina Pertanian Surabaya, Lesty menjelaskan, sebelum diekspor, pihaknya melakukan pemeriksaan administrasi dan kesehatan terhadap pupuk guano. Tujuannya untuk memastikan bebas dari avian influenza (AI) yang merupakan hama penyakit hewan karantina (HPHK) sebagaimana dipersyaratkan di negara tujuan.

Baca Juga

Lesty menjelaskan bahwa Avian Influenza (AI) atau yang lebih dikenal dengan sebutan flu burung adalah penyakit zoonosis (menular kepada manusia). AI dapat menginfeksi unggas seperti burung, bebek, angsa dan ayam.

"Sementara pupuk guano adalah jenis pupuk organik yang dihasilkan dari kotoran kelelawar, burung laut, dan anjing laut yang sudah mengendap lama di dalam gua," kata dia.

Pupuk guano disebutnya dapat meningkatkan produktivitas tanah yang kekurangan unsur hara sehingga menjadi kebutuhan beberapa negara lain. Bahan baku pupuk ini dipanen di daerah Sulawesi, Maluku, Kalimantan, Papua, sebagian Sumatra, Madura, dan Nusa Tenggara.

"Jawa Timur merupakan salah satu daerah pengolah terbesar di Indonesia," ujarnya.

Terkait


Rachmat Gobel Optimistis Pelabuhan Patimban Mampu Naikkan Ekspor

Hadapi Musim Tanam, PIHC Jamin Ketersediaan Pupuk

Bea Cukai Ekspor Perdana Produk Kayu Merbau Ke Cina

Bea Cukai Ekspor Perdana Damar Ambon dan Produk KEK Kepri

Bea Cukai Pangkalpinang Bantu Ekspor Getas ke Mancanegara

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark