Kamis 31 Mar 2022 05:44 WIB

Satgas Pangan Polri Gelar Rakor untuk Evaluasi Pangan Jelang Ramadhan

‘Harus optimistis stok, distribusi, dan harga pangan menjelang puasa stabil.’

Red: Ratna Puspita
Kepala (Kasatgas) Satgas Pangan Polri Irjen Pol Helmy Santika (tengah) didampingi Kepala Biro (Karo) Penerangan Masyarakat (Penmas) Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait stok kebutuhan bahan pokok secara nasional di Gedung  Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (24/2/2022). Kasatgas Polri mengatakan jajaran Polri dan jajaran Satgas Pangan dari Kementerian/Lembaga melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait di bidang pangan dalam upaya kesiapan menjelang hari besar keagamaan yaitu jelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2022.
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Kepala (Kasatgas) Satgas Pangan Polri Irjen Pol Helmy Santika (tengah) didampingi Kepala Biro (Karo) Penerangan Masyarakat (Penmas) Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait stok kebutuhan bahan pokok secara nasional di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (24/2/2022). Kasatgas Polri mengatakan jajaran Polri dan jajaran Satgas Pangan dari Kementerian/Lembaga melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait di bidang pangan dalam upaya kesiapan menjelang hari besar keagamaan yaitu jelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri Inspektur Jenderal Helmy Santika menggelar rapat koordinasi internal untuk mengevaluasi ketersediaan dan harga pangan menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2022. Evaluasi berdasarkan hasil monitoring, paparan dan data yang dihimpun dari kementerian terkait. 

“Beberapa komoditas yang menjadi hotspot selain minyak goreng, yaitu gula, daging sapi, dan kedelai karena pemenuhan-nya bergantung pada impor dan harga dipengaruhi oleh perkembangan global," kata Helmy dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga

Untuk komoditas lokal seperti bawang merah dan cabai, Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen ini mengatakan secara umum stok ketersediaan aman. Helmy menyampaikan, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah antisipasi melalui realisasi importasi gula, daging sapi, dan kedelai yang bertujuan untuk memenuhi ketersediaan di dalam negeri.

"Strategi komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan untuk mendiskusikan permasalahan yang terjadi dan penyelesaiannya," ujarnya.

Satgas Pangan, lanjut Helmy, tetap mendalami dan menindaklanjuti informasi-informasi yang masuk terkait adanya dugaan pihak-pihak yang berlaku curang atas komoditas untuk keuntungan pribadi. Laporan tersebut akan ditangani secara objektif, prosedural, profesional, dan transparan.

Terkait dengan minyak goreng yang saat ini sedang dilakukan upaya stabilisasi oleh pemerintah, Helmy menekankan kepada seluruh jajaran untuk mendukung dengan langkah nyata membantu pengawasan dan pendistribusian. Terkait komoditas lain menjelang bulan puasa dan Lebaran, Helmy meminta kepada Satgas Pusat dan Daerah agar melakukan pengecekan langsung di sentra-sentra pangan seperti Brebes, Magelang, Temanggung, dan lain-lain.

"Kunjungi petani, pedagang sampai ke pasar untuk bisa berkomunikasi dengan baik, serap apa yang menjadi permasalahan," kata dia.

Kemudian, ia mengatakan, harus optimistis stok ketersediaan, distribusi, dan harga pangan menjelang bulan puasa hingga Lebaran tahun ini stabil melalui kerja keras dan kerja sama dengan semua pemangku kepentingan. Rakor tersebut dilanjutkan dengan penyerahan tugas dan tanggung jawab Kasatgas Pangan kepada Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Brigjen Whisnu Hermawan, yang sejak 2019 dirangkap oleh Dirtipideksus Bareskrim. 

"Mari kita memberikan dukungan penuh kepada Dirtipideksus selaku Kasatgas Pangan untuk dapat mewujudkan pangan aman 2022," ujar Helmy.

Baca juga : Angka Konsumsi Naik Selama Ramadhan, Kok Bisa?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement