Kamis 31 Mar 2022 21:18 WIB

Pengelolaan Terminal Purabaya Diserahkan ke Kemenhub

Kegiatan serah terima Terminal Tipe A Purabaya telah melalui berbagai proses.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nur Aini
Calon penumpang melakukan scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/9/2021).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Calon penumpang melakukan scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/9/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya melakukan serah terima pengelolaan Terminal Tipe A Purabaya kepada Kementerian Perhubungan. Penyerahan ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Barang Milik Daerah (BMD), di Ruang Sidang Wali Kota Surabaya, Kamis (31/3/2022). 

Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan mengatakan, dengan penyerahan Terminal Tipe A Purabaya kepada Kemenhub membuat pengelolaan keuangan menjadi efektif. Sebab, penyerahan BMD tersebut, sesuai dengan aturan dan kebutuhan pengelolaan pemerintah pusat, yakni kebutuhan tempat transportasi darat Terminal Tipe A Purabaya yang ada di Kota Surabaya. 

Baca Juga

“Semoga sinergi ini terus berjalan, supaya pengelolaan terminal ini tidak melebihi muatan dari sisi penanganan dan terdapat sinergitas pelayanan, baik angkutan umum lintas batas dan antar kota provinsi (AKAP) atau angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP)” kata Hendro.

Hendro menjelaskan, pelaksanaan kegiatan serah terima Terminal Tipe A Purabaya telah melalui berbagai proses. Hal itu juga disebutnya sebagai upaya penyediaan terminal sebagai salah satu upaya untuk memindahkan minat masyarakat terhadap penggunaan moda transportasi umum apalagi, menjelang Lebaran Idul Fitri.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Marta Hardisarwono mengatakan, setelah Terminal Tipe A Purabaya dikelola, pihaknya berharap tetap mendapat masukan dari perangkat daerah Kota Surabaya. Hal itu khususnya hal-hal penting apa saja untuk mempersiapkan Terminal Purabaya menjadi lebih baik lagi.

"Sebab, kita harus segera mempersiapkan sumber daya manusia (SDM). Sebelumnya, kita telah mengirim para petugas untuk melakukan analisis dan sebagainya di Terminal Tipe A Purabaya selama 3 bulan,” kata Marta.

Marta mengaku, dalam waktu dekat Terminal Tipe A Purabaya akan melakukan berbagai perbaikan, dengan menerjunkan Tim Excellent Services, yang diharapkan bisa menata kembali pelayanan dan fasilitas di dalam terminal. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan efisiensi SDM, sesuai dengan analisa beban kerja.

“Kita bentuk Tim Excellent service di Surabaya, supaya pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Di dalam tim tersebut, salah satunya ada pengelola hotel dan mall besar di Jakarta, terkait bagaimana tingkat manajerial yang dibutuhkan di Terminal Tipe A Surabaya,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru menerangkan, total BMD Terminal Tipe A Purabaya yang diserahkan kepada Kementerian Perhubungan adalah seluas 2 hektar. Meski demikian, ia mengaku akan terus bersinergi, dalam upaya perbaikan pelayanan Terminal Tipe A Purabaya.

“Kami akan terus bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement