Jumat 01 Apr 2022 11:31 WIB

Tak Ada Dalil Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Perlukah Dibilang Ahli Bid'ah?

Yang ada hanyalah anjuran untuk berziarah kubur karena mengingatkan kita kepada kematian

Rep: Achmad Syalaby Ichsan/ Red: Partner
.
Foto: network /Achmad Syalaby Ichsan
.

Tradisi ziarah kubur menjelang bulan suci Ramadhan memang marak terjadi di Tanah Air. Pemakaman baik Tempat Pemakaman Umum (TPU) maupun pemakaman milik swasta selalu ramai oleh para peziarah. Meski demikian, Ustaz Ahmad Sarwat dalam Fiqih Ramadhan menjelaskan, tidak ada dalil momentum Ramadhan dengan ziarah kubur. Ziarah kubur boleh dilakukan kapan saja tanpa harus menjelang masuknya bulan Ramadhan. Meski demikian, Ustaz Sarwat menegaskan, agar tak perlu menunjuk bid'ah pada ziarah kubur jelang Ramadhan. Menurut dia, hal tersebut alih-alih menyelesaikan masalah justru memecah belah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Para Jenazah Pun Membalas Salam Saat Ada yang Ziarah Kubur

Ternyata kami tidak menemukan dalil yang menganjurkan waktu yang paling baik untuk berziarah kubur. Apalagi jika dikaitkan dengan kedatangan bulan Ramadhan. Yang ada hanyalah anjuran untuk berziarah kubur, karena mengingatkan kita kepada kematian. Tapi waktunya tidak pernah ditentukan. Jadi boleh kapan saja, tidak harus menjelang masuknya bulan Ramadhan.

Adapun kebiasaan yang sering kita saksikan di tengah masyarakat untuk berziarah kubur menjelang datangnya Ramadhan, kami yakin bahwa mereka melakukannya tanpa punya dalil yang eksplisit dari nabi SAW. Dalil yang mereka gunakan hanyalah dalil umum tentang anjuran berziarah kubur. Sedangkan dalil yang mengkhususkan ziarah kubur menjelang Ramadhan, paling tinggi hanya sekedar ijtihad. Itu pun masih sangat mungkin disanggah.