Masyarakat Diajak Memperbanyak Berbagi Saat Ramadhan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 03 Apr 2022 10:23 WIB

 Masyarakat Diajak Memperbanyak Berbagi Saat Ramadhan. Foto:  Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Masyarakat Diajak Memperbanyak Berbagi Saat Ramadhan. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpendapat, Ramadhan sangat tepat dimaknai sebagai momen untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan, serta memperbanyak berbuat kebaikan. Berbuat kebaikan, jata dia, tidak hanya memperbanyak amal ibadah yang menguatkan hubungan manusia dengan Allah atau hablumminallah. 

Khofifah melanjutkan, bulan penuh berkah ini juga harus dijadikan sebagai momen mempererat hubungan antar sesama manusia atau hablumminannas melalui semangat memberi dan berbagi. Bahkan, kata dia, hal tersebut telah dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga

"Rasulullah juga memberikan keteladanan untuk lebih banyak berbagi pada bulan Ramadhan. Maka mari bersama-sama meneladani Nabi Muhammad SAW untuk memperbanyak infak, shodaqoh dan tentu mengeluarkan zakat,” kata Khofifah, Ahad (3/4).

Khofifah pun menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat Islam di Jawa Timur. Ia berharap, Ramadhan tahun ini bisa dijalani masyarakat dengan penuh kekhusyukan tanpa mengurangi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. 

"Bagi masyarakat yang memulai puasa ramadhan tanggal 2 maupun 3 April, mari kita jaga kebersamaan, persaudaraan dan saling menghargai. Semoga kita semua mendapatkan berkah Ramadhan dan meraih kemenangan," ujarnya.