Ahad 03 Apr 2022 15:32 WIB

Tips Makanan Sehat Selama Ramadhan

Makanan sehat saat Ramadhan harus dikonsumsi.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Tips Makanan Sehat Selama Ramadhan. Foto:   Resep asal Maroko dan India cukup menggiurkan disantap saat Ramadhan (Foto: ilustrasi masakan Maroko
Foto: GoodFreePhotos
Tips Makanan Sehat Selama Ramadhan. Foto: Resep asal Maroko dan India cukup menggiurkan disantap saat Ramadhan (Foto: ilustrasi masakan Maroko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ramadhan adalah serangkaian puasa selama satu bulan dan memiliki makna yang besar karena diyakini bahwa selama waktu ini, Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad. Bulan selain sarat keyakinan, juga didominasi oleh paradigma konsumsi pangan.  

Dilansir dari News 18 pada Ahad (3/4), puasa adalah elemen utama dalam perayaan bulan suci, mematuhi beberapa tips dan saran mengenai kebiasaan makan seseorang dapat sangat mempengaruhi pengaruh puasa ritual pada tubuh.

Baca Juga

Berikut adalah beberapa tips makanan yang bisa Anda ikuti dan terapkan untuk menjaga gaya hidup sehat selama bulan Ramadhan yaitu :

1. Pilih Makanan yang Sehat

Anda harus memilih makanan yang sehat dan memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk membuat Anda terus berjalan sepanjang hari.  Coba dan sertakan beberapa karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran, buncis, lentil agar Anda dibekali energi yang tahan lama.

2. Seimbangkan Makanan yang Dikonsumsi 

Cara tradisional dan sehat untuk berbuka puasa dan memulai berbuka puasa adalah makan kurma, sumber serat yang sangat baik.  Anda dapat memasukkan daging tanpa lemak, ikan, dan banyak sayuran, untuk menyeimbangkan tingkat vitamin dan nutrisi penting yang diperlukan.  Namun, pastikan Anda tidak makan berlebihan dan makan dengan perlahan.

3. Kurangi Garam 

Kelebihan penggunaan garam dalam makanan Anda dapat melawan efek dari makan sehat.  Peningkatan jumlah natrium dalam makanan dapat membuat Anda tidak nyaman di usus dan juga dapat menyebabkan kembung selama periode puasa Anda.

 4. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt adalah cara yang bagus untuk menginduksi masuknya bakteri baik ke dalam tubuh.  Akibatnya, membantu pencernaan dan menjaga perut tetap ringan sepanjang malam.  Sebaiknya, yoghurt harus menjadi bagian dari Anda saat berbuka puasa.

Sumber

https://www.google.co.id/amp/s/www.news18.com/amp/news/lifestyle/ramadan-2022-food-tips-to-keep-you-healthy-during-the-holy-month-of-ramzan-4926386.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement